Bandung

Bandung yang merupakan ibukota provinsi Jawa Barat, terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan Parahyangan.  Dengan udara yang masih sejuk, maka bagi masyarakat Indonesia terutama warga Jakarta, Bandung merupakan salah satu tujuan wisata di weekend dan masa libur lainnya.

Daya tarik Bandung banyak ragamnya yang tetap eksis sepanjang waktu, mulai dari tempat liburan, tempat pendidikan, tempat kuliner, tempat belanja dan tempat untuk menikmati sejuknya udara pegunungan.

Lokasi Bandung

Wilayah lokasi Bandung dapat dikelompokkan menjadi wilayah Bandung Utara,  bagian wilayah utara Bandung mulai dari jalan Dago, jalan setiabudi, jalan cihampelas & cipagangi, jalan Ciumbeluit serta menuju ke utara Bandung ke daerah Lembang dan Ciateur. Daerah Bandung utara banyak tersebar perumahan untuk menengah keatas, Gedung Pemerintahan (Gedung Sate, Telkom, Geologi, ktr pemerintahan lain), hotel, kuliner dan beberapa Universitas (ITB, Unpad, Unpar, dll).

Posting mengenai Bandung Utara :

Wilayah Bandung Selatan, dimulai dari Alun-Alun Bandung, Jalan Braga, Lingkar Selatan, Soekarno Hatta, Kopo, Cibaduyut, merupakan wilayah yang banyak tersebar perumahan menengah, pusat perbelanjaan, alun-alun kota, tempat-tempat hiburan. Bandung selatan relatif lebih panas dibanding Bandung Utara, tetapi jika menuju ke arah Ciwidey dan Pengalengan, maka kembali berbukit dan daerah pegunungan.

Posting mengenai Bandung Selatan :

Top Sightseeing di Bandung

Landmark Bandung

Bosscha Observatory

Gedung Sate

Tempo Doeloe gedung ini disebut Gouvernements Bedrijven (GB). Gedung ini kemudian disebut Gedung Sate berdasarkan bentuk ornament pada puncak atap tumpak tersebut. Gedung Sate sekarang menjadi Kantro Gubernur Jawa Barat. Gedung Sate dibangun pada tahun 1920 – 1924 di Wihelmina Boulevard (sekarang Jalan Diponegoro).  Pemberian teritis (overstek) yang lebar dan selasar  pada lantai dasar sangat disesuaikan dengan iklim tropis, agar sirkulasi udara dan sinar matahari dapat masuk ke dalam bangunan dengan baik.

Institute Teknologi Bandung

Gedung Merdeka

Hotel Savoy Homan

Museum Geologi

Wisata Alam di Bandung

Gunung Tangkuban Perahu (Tangkuban Perahu Mountain)

Gunung Tangkuban Perahu terletak di utara Bandung, kota terdekat adalah Lembang. Jika Anda berada di Bandung, lihatlah ke arah utara mengawasi keluar untuk melihat gunung Tangkuban Perahu, yang berbentuk seperti Perahu yang terbalik. Nama itu sendiri berasal dari legenda lokal Sangkuriang (“Legenda Sangkuriang”) Legenda ini didasarkan pada legenda Sangkurian yang menendang  terbalik dan kemudian berubah menjadi batu. Oleh karena itu nama gunung ini adalah  Tangkuba (terbalik) dan Perahu (sejebis kapal).  Kawah Tangkuban perahu masih merupakan gunung berapi aktif.

Kawah tangkuban perahu dapat dicapi dengan cara hiking menyusuri dataran pegunungan bisa dari Cieumbeluit at u dari Lembang, bisa juga dicapai dengan mobil. Tingg Gunung Tankuban Perahu adalah 2.084 m di atas permukaan laut dan jalur dari Lembang tidak terlalu curam. Pada kawah, ada tempat wisata yaitu kawah utama adalah Kawah Upas yang luar biasa, ‘Kawah Upas’.

Posting yang berhubungan dengan Tangkuban Perahu :

Hotel yang murah dan menyenangkan di daerah Lembang

Pemandian Air Hangat Ciateur  (Sari Ater)

Sari Ater adalah sebuah resor dengan kolam air alami air panas, beberapa taman rekreasi dan spa yang sehat. Menginap dan makan malam yang baik di restoran hotel ini. Resor ini memiliki kolam dangkal dengan terisi air hangat alami yang berasal dari pegunungan Tangkuban Perahu, kolam ini dapat untuk berendam dan berenang. Banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kuli t jika berendam didalam kolam air hangat yg mengandung sedikit belerang.

Kawah Putih (White Crater)

Kawah putih (White Crater) terletak di selatan kota Bandung dengan menyusuri Bandung selatan ke arah Pengalengan. Kawah ini berwarna putih mengandung belerang (sulfur) berkandungan tinggi. Pemandangan di sekitar Kawah Putih sangat indah dengan kawasan kyang dikelilingi oleh kawah yang berwarna putih kebiruan layaknya seperti lautan berwarna putih.

Kawah putih adalah salah satu kawah dari Gunung Patuha, daerah sekitarnya  ditutupi oleh hutan. Ada jalur ke danau yang dikelilingi oleh tembok tinggi dari kawah memutar ke sisi Gunung Patuha. Bau belerang yang kuat karena banyak uap dan gelembung gas belerangyang berasal dari danau belerang. Ada trek di sekitar danau dan melalui hutan di dekatnya termasuk ke puncak Gunung Patuha. Pengunjung dapat berjalan di sekitar wilayah kawah. Karena bau belerang yang cukup menyengat, maka hewan dan burung sangat jarang terlihat disekitar kawah putih.

Dago Pakar (Juanda Forest Park)

Dago Pakar atau Juanda Forest Park (Taman Hutan Raya Ir Juanda.). Ini adalah sebuah taman hutan yang berfungsi sebagai daerah tangkapan air waduk untuk kota Bandung. Ada beberapa taman yang menarik untukdikunjungi oleh keluarga . Ada juga beberapa gua yang digunakan selama pendudukan Jepang pada 1940-an. Untuk mencapai Dago Pakar ada yang mencoba untuk berjalan melalui hutan sampai ke taman Maribaya di Lembang.

Dago Pakar ini terletak diujung jalan Dago (sekarang jalan Ir H. Juanda). Rute Angkot untuk menempuh Dago Pakar bisa menggunakan angkot Abd. Muis-Dago dan diikuti dengan berjalan atau sepeda motor. Jik amenggunakan kendaraan pribadi mulai dari simpang Dago menyusuri jalan Ir H Juanda kearah atas (Utara).

Posting yang berhubungan dengan Dago Pakar :

Pesona Dago Atas Bandung dan Hotel di sekitarnya

Transportasi menuju Bandung

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bandung dapat ditempuh selama 2 – 2.5 jam dari Jakarta dengan mobil dengan melewati jalan tol Cipularang (mulai dari tol cikampek – tol Padaleunyi). Jika menggunakan tol Padaleunyi di Bandung di pintu keluar tol Pasteur untuk tujuan bandung Utara dan gerbang tol Kopo jika menuju Bandung Selatan.

Salah satu rute alternatif menuju Bandung adalah dengan melalui rute menyenangkan Puncak – Cianjur – Bandung, tetapi waktu tempuh lebih lama. Jika Anda bepergian dengan mobil menggunakan rute ini, maka pastikan untuk berhenti di Puncak Pass untuk menikmati pemandangan perkebunan  teh dengan udara segar.

Posting lain mengenai daerah Puncak adalah :

Menggunakan Kereta Api

Untuk menuju Bandung juga dapat menggunakan moda angkutan kereta api. Stasiun Hall adalah stasiun didalam kota Bandung, baik kereta dari Jakarta maupun kereta dari daerah Jawa lain berhenti terakhir di stasiun Hall Bandung.

Menggunakan Shuttle

Provider yang menyediakan kendaraan point to point menuju Bandung ada beberapa yaitu Cititrans, Cipaganti travel, Xtrans, DayTrans, Baraya dan banyak lagi shuttle point to point yang baru berdiri.

Moda angkutan shuttle point to point ini biasanya dari satu lokasi menuju lokasi tertentu di daerah Bandung. Seperti dari lokasi SCBD Jakarta (Sudirman) menuju Dipati Ukur Bandung. Untuk tarif bervariasi mulai dari 50rb – 100rb.

Menggunakan Pesawat

Bandara Husein Sastranegara (IATA : BDO) adalah satu-satunya bandara komersial yang ada di kota Bandung. Bandara ini berada di jalan Pajajaran Bandung, cukup dekat dengan pusat kota Bandung, hanya berjarak sekitar 3 – 4 km. Taxi dari Bandara tidak menggunakan meter jarak, tetapi berdasarkan tarif sekali jalan yang ditentukan berdasarkan jarak tertentu.

Operator Penerbangan yang melayani Bandung adalah : Garuda Indonesia, Lion Airlines, Batavia Airlines, Airasia Airlines, Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Airlines dan Citilink.

Transportasi keliling Bandung

Perjalanan untuk didalam kota Bandung cukup rumit dan kadang membuat frustasi  pendatang baru di bandung. Tidak ada angkutan massal seperti MRT (Mass Rapid Transport) atau trem atau Bus dalam kota yang mengelilingi kota Bandung.

Menggunakan Angkot

Untuk melakukan perjalanan didalam kota Bandung, warga melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum, yang dikenal sebagai angkot. Asal dan tujuan bervariasi dan masing-masing ditandakan dengan warna angkot dan strip masing-masing angkot, contoh warna angkot hijau, biru, kuning dll.

Belanja di Bandung

Hotel di Bandung

Tips Travelling : Dago Bandung

Tips Travelling : Hotel di daerah Dago Atas Bandung

Tips Travelling : Hotel dan Penginapan Murah di Bandung

Bahasa di Bandung

Bahasa pergaulan di Bandung adalah bahasa Sunda dan bahasa Indonesia.

Komunikasi di Bandung

Untuk komunikasi telpon dan internet, jika anda memiliki handphone GSM bisa mengganti kartu SIM GSM dengan kartu SIM prabayar yang menawarkan paket lengkap yang didalamnya ada promo untuk call dan internet seperti kartu Simpati, kartu AS. Kalau menggunakan SIM CDMA, bisa mengganti dengan kartu prabayar Flexi. Pastikan anda menggunakan kartu prabayar tersebut karena secara kualitas dan jaringan lebih baik dibanding yang lain.

Untuk kebutuhan internet temporary, hampir disetiap sudut kota terdapat outlet Warnet (Warung Internet) dengan variasi mulai harga Rp. 3000 – Rp. 10000 / jam.

 Posting lain yang berhubungan dengan Bandung

Travel Guide FAQ Bandung

One thought on “Bandung

  1. Pingback: Tips Travelling : Hotel dan Penginapan Murah dan Bersih di Bandung | Life is journey, not a destination

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s