Solo

Kota Surakarta terletak di antara 110 45` 15″ – 110 45` 35″ Bujur Timur dan 70` 36″ – 70` 56″ Lintang Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. Di masing-masing batas kota terdapat gapura keraton yang didirikan sekitar tahun 1931 – 1932 pada masa pemerintahan Pakubuwono X di Kasunanan Surakarta.

Gapura Kraton didirikan sebagai pembatas sekaligus pintu gerbang masuk ibu kota Kerajaan Kasunanan (Kota Solo) dengan wilayah sekitar. Gapura Kraton tidak hanya didirikan di jalan penghubung, namun juga didirikan di pinggir sungai Bengawan Solo yang pada waktu itu menjadi dermaga dan tempat penyeberangan (di Mojo / Silir).

Lokasi Solo

Surakarta dan kota-kota satelitnya (Kartasura, Solo Baru, Palur, Colomadu, Baki, Ngemplak) adalah kawasan yang saling berhubungan satu sama lain. Kawasan Solo Raya ini unik karena dengan luas kota Surakarta sendiri yang hanya 44 km persegi dan dikelilingi kota-kota penyangganya yang masing-masing luasnya kurang lebih setengah dari luas kota Surakarta dan berbatasan langsung membentuk satu kesatuan kawasan kota besar yang terpusat.

Top Sightseeing di Solo

Landmark Solo

Keraton Surakarta

Pura Mangkunagaran

Benteng Vastenburg

Loji Gandrung (Kantor Walikota Solo)

Wisata Alam di Solo

Wisata alam di sekitar Solo antara lain Tawangmangu (berada di timur kota Solo, Karanganyar), kawasan wisata Selo (berada di barat kota Solo, Boyolali), agrowisata kebun teh Kemuning, Air Terjun Jumog, Air Terjun Parang Ijo, Air terjun Segoro Gunung, Grojogan Sewu, dan lain-lain.

Selain itu di Kabupaten Karanganyar, tepatnya di lereng Gunung Lawu, terdapat beberapa candi peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha, seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, Candi Monyet, dll. Selain itu tidak jauh dari Solo juga dapat ditemui Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Kalasan, dan di Yogyakarta terdapat Candi Sambisari, Candi Kalasan, dan Candi Sari.

Transportasi menuju Solo

Menggunakan Bus

Terminal bus besar kota ini bernama Terminal Tirtonadi yang beroperasi 24 jam karena merupakan jalur antara yang menghubungkan angkutan bus dari Jawa Timur (terutama Surabaya dan Banyuwangi) dan Jawa Barat (Bandung). Selain Tirtonadi, terdapat pula dua terminal untuk angkutan lokal: Terminal Harjodaksino di sisi selatan kota (dulu merupakan terminal bus antarkota) dan Terminal Tipes di sisi barat kota. Selain itu, dua terminal penunjang terdapat pula di sekitar kota namun berada di luar pengelolaan pemerintah kota, yaitu Terminal Kartasura di barat, yang terhubung ke Jakarta dan Surabaya, dan Terminal Palur di timur kota.

Menggunakan Kereta Api

Stasiun kereta api utama bernama Stasiun Solo Balapan yang merupakan salah satu stasiun besar tertua di Indonesia (dibangun 1873) yang menghubungkan Yogyakarta (barat), Semarang (utara), dan Surabaya (timur), dan terletak berdekatan dengan terminal bus Tirtonadi, suatu hal yang jarang dijumpai di Indonesia.

Stasiub Solo disinggahi hampir semua kereta api lintas jawa. Di Kota Solo juga terdapat tiga stasiun kereta api lain. Stasiun Solo Jebres dipakai sebagai stasiun perhentian untuk kereta-kereta api kelas ekonomi atau kereta api relasi Semarang-Madiun. Stasiun Solo-Kota (Sangkrah) merupakan stasiun perhentian untuk jalur KA Purwosari-Wonogiri. Stasiun Purwosari di tepi barat kota merupakan stasiun cabang menuju Wonogiri (selatan). Dulu Purwosari juga merupakan stasiun pemberhentian untuk jurusan Boyolali (barat).

Kereta api ekspres ke Jakarta memakan waktu tempuh 10 jam, sementara kereta api ekspres ke Surabaya memakan waktu tempuh 5 jam. Kereta api ekspres yang melalui Solo antara lain: Argo Lawu, Argo Dwipangga, Bima dan Gajayana (dari/ke Jakarta, dengan AC), Argo Wilis dan Lodaya (dari/ke Bandung), Argo Wilis dan Sancaka (dari/ke Surabaya). Kereta bisnis malam Senja Utama Solo juga melayani transportasi dari/ke Jakarta.

Menggunakan Pesawat

Bandar udara internasional Adisumarmo (kode IATA adalah SOC). Bandara ini terhubung ke Jakarta (hampir setiap jam penerbangan dalam hari), Kuala Lumpur, dan Singapura, serta Arab Saudi (pada musim haji). Waktu tempuh perjalanan udara dengan Jakarta berlangsung sekitar satu jam. Beberapa operator penerbangan yang melayani rute dari/ke kota Solo antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, Air Asia, Silk Air, dll. Bandara Adisumarmo juga menjadi pusat pemberangkatan dan penerimaan haji dari Asrama Haji Donohudan Boyolali Indonesia.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Solo dapat ditempuh selama 12 – 18 jam perjalanan darat dari Jakarta  dan sedangkan perjalanan Solo – Surabaya dapat ditempuh selama 6 – 12 jam.

Transportasi keliling Solo

Banyak pilihan transportasi utk keliling solo, yaitu BST (Batik Solo Trans) moda angkutan busway yang mengangkut penumpang untuk keliling Solo. Untuk jarak yang lebih dekat bisa menggunakan angkutan kota dan becak.

Taksi yang beroperasi di Solo juga ada banyak ragamnya, dengan tarif berdasarkan jarak tempuh (Argo). Beberapa jasa pelayanan taksi di Solo antara lain Aravia (0271-636468), Solo Central Taksi (0271-728728), Kosti (0271-664504, 856300), Mahkota Ratu (0271-655666).

Hotel di Solo

Hotel-hotel yang direkomendasikan di  Solo adalah :

Hotel Novotel Solo

Hotel Novotel Solo berada di jalan utama Slamet Riyadi, secara lokasi sangat strategis karena dekat dengan Keraton Solo, Pasar Klewer, Kampung Batik Kauman dan pusat Batik Beteng Trade Center. Fasilitas  dari hotel ini adalah Kolam renang dan bar tepi kolam, restoran, coffee shop, klub anak, gym, sauna, spa, pijat, jacuzzi dan wifi.

Hotel Ibis Solo

Hotel Ibis Solo berada di jalan Gajah Mada, merupakan salah satu persimpangan dengan jalan Slamet Riyadi, sehingga secara lokasi juga strategis karena dekat dengan Keraton Solo, Pasar Klewer, Kampung Batik Kauman, pusat Batik Beteng Trade Center dan Danar Hadi. Fasilitas  dari hotel ini adalah kolam renang, kolam air hangat, bar dan akses wifi.

Solo Paragon Hotel

Solo Paragon Hotel  berada di jalan Dr Sutomo , secara lokasi sangat strategis karena dekat dengan jalan Slamet Riyadi, dekat dengan Solo Grand Mall, Taman Sriwedari dan Stadiun Olahrag Muladi. Fasilitas  dari hotel ini adalah Kolam renang, restoran, coffee shop, spa, pijat, klub anak dan wifi.

Lorin Business Resort Solo

Lorin Business Resort Solo berada di jalan Adisucipto dekat dengan Bandara Adisucipto. Lobby hotel mencirikan suasana budaya Solo yang sangat terasa. Taman yang hijau dan asri , tempat yang benar-benar nyaman untuk beristirahat. Pegawai hotel yang ramah dan helpfull khas kota Solo akan menambah kepuasan kita menginap di hotel ini. Bersih, nyaman, dan keramahan tampaknya menjadi prioritas hotel ini. Fasilitas dari hotel ini adalah coffee shop, resto, bar. Kolam renang, lapangan tennis, spa, pijat, sauna, gym dan taman.

Best Western Primier Solo

Best Western Primier Solo berada di jalan utama Slamet Riyadi, secara lokasi sangat strategis karena dekat dengan Keraton Solo, Pasar Klewer, Kampung Batik Kauman dan pusat Batik Beteng Trade Center. Fasilitas  dari hotel ini adalah kolam renang, restoran, coffee shop, klub anak, gym, sauna, spa, pijat, jacuzzi dan wifi. Menu breakfast bervariasai dengan pilihan makanan tradisional jawa yang khas.

The Sunan Hotel Solo

The Sunan Hotel Solo berada di jalan Ahmad Yani dekat dengan Bandara Adisucipto.Hotel ini dekat stasiun Purosari dan Solo Square. Fasilitas  dari hotel ini adalah kolam renang, restoran, coffee shop, klub anak, gym, sauna, spa, pijat, jacuzzi dan wifi.

Menu restorannya yang variatif antara internasional dan tradisiona, lengkap, harga juga relatif sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Kusuma Sahid Prince Hotel

Kusuma Sahid Prince Hotel berada di jalan Sugiyopranoto, secara lokasi sangat strategis karena dekat dengan Stasiun Balapan, Mangkunegara Square dan Keraton Mangkunegara. Fasilitas  dari hotel ini adalah Kolam renang dan bar tepi kolam, restoran, coffee shop, klub anak, gym, sauna, spa, parkir sangat luas dan nyaman, pijat dan wifi. Hotel terletak di pusat kota dekat dengan alun-alun dan memiliki arsitektur tradisional Jawa, setiap sore terdengar permainan gamelan yang merupakan musik khas Jawa,

Posting lain mengenai hotel di Solo lainnya :

Bahasa di Solo

Bahasa yang digunakan di Surakarta adalah bahasa Jawa Surakarta dialek Mataraman (Jawa Tengahan) dengan varian Surakarta. Dialek Mataraman/Jawa Tengahan juga dituturkan di daerah Yogyakarta,Magelang timur, Semarang, Pati, Madiun, hingga sebagian besar Kediri.

Komunikasi di Solo

Untuk komunikasidi kota Solo adalah :

Telepon Kabel dilayani oleh Telkom Indonesia.

Mobile Phone dilayani oleh : Telkomsel (kartu Halo untuk pasca bayar dan kartu Simpati & AS untuk pra bayar), XL, IM3

Internet dilayani adalah Speedy dari operator Telkom Indonesia untuk fix internet, untuk mobile internet dilayani oleh Flash dilayani oleh Telkomsel, Internet XL dan internet IM2

Untuk kebutuhan internet temporary, hampir disetiap sudut kota terdapat outlet Warnet (Warung Internet) dengan variasi mulai harga Rp. 3000 – Rp. 10000 / jam. Kafe-kafe dan lobby-lobby hotel di Medan biasanya menyediakan akses hotspot wifi gratis yang dibundle dengan harga makanan.

Kuliner di Solo

Tengkleng, Para penikmat kambing pasti tidak asing dengan Tengkleng yang merupakan salah satu ciri khas kuliner Solo yang enak tenan.

a. Tengkleng Pasar Klewer , tepat di deket gapura pasar klewer (deket tempat parkir Mesjid Kraton). 08.00-13.00. Ini menu wajib bagi fans kuliner terutama bagi penikmat kambing, sebaiknya jangan datang terlalu siang karena pasti sudah habis.

b. Tengkleng, Genthan , Laweyan, selatan Tugu Pajang, dekat Pak Solet,emperan, jam 8.00-13.00

Wedangan, Sekarang makin banyak ditemui. Wedangan ini biasa disebut juga HIK (Hidangan Istimewa Kampung), merupakan tempat yang uenak buat nongkrong sambil “ngeteh” / “ngopi” dan “disambi” / sembari menikmati Hidangan Istimewa Kampung yang ada

a. Wedangan Pak Kumis di emperan stadion manahan. Buka jam 18.30-selesai. makanannya seperti angkringan pada umumnya.

b. Angkringan Muji di ujung selatan Jalan Honggowongso (deket pertigaan dengan Jalan Veteran), buka 18.30-selesai.

c. Angkriman Pak Kemin di dekat monumen pers, solo.

d. Wedangan Pak Item di sekitar Solo Baru

e. Wedangan Pak Wiryo, Jl Perintis Kemerdekaan daerah purwosari

Soto, Mungkin sudah lazim dijumpai dimana-mana tapi beberapa Soto di kota ini memang benar “wuenak tanan” dan sangat terkenal.

a. Soto Gading di daerah Gading, Selatan Keraton Surakarta-arah ke wonogiri.

b. Soto Triwindu, dalam pasar Triwindu, belakang Balai Muhamadiyah,Jl.Teuku Umar, jam 7.00-21.00.

c. Soto Ngasem, dekat perempatan pertama dari lanud Adi Sumarmo kearah Solo/Kartosuro jam 7.00-20.00

d. Soto mBah Hadi, Jl.Teposanan 24, belakang Sriwedari arah ketimur, utara jalan, jam 8.00-13.00

e. Kroncongan , Jika ingin melihat dan mendengarkan kroncong asli sambil makan soto. Soto Ledokan, sebelah barat terminal Kartosuro, utara jalan, jam 6.00-11.00

Bestik Jawa , Harjo Bestik di Jalan Dr Rajiman (sore ampe malam)

Pecel Bu Ugi, Tawangmangu. Pecel paling seger karena sayur yang digunakan merupakan hasil langsung dari tawangmangu, menu wajib di tawangmangu.

Kupat Tahu depan Hotel Sahid Sala, Jalan Gajah Mada.

Bakmi Jawa Pak Doel, Jalan Imam Bonjol atau dekat Pasar Kabangan,Laweyan. Buka sore-ampe malam.

Cemilan, Onde-onde notosuman. Satu jalan dengan surabi Notosuman.

Nasi Liwet , Merupakan menu wajib bagi pecinta kuliner. Yang paling terkenal mungkin adalah nasi liwet Bu Wongso Lemu yang terletak di Keprabon Kulon Solo dan sudah berdiri sejak 1950. Selain itu ada cukup banyak pula yang berjualan ideran pagi hari, jam 5.00-10.00

Brambang Asem, Tumpang: Mekar Sari Jl.Honggowongso No.91 A, utara perempatan Pasar kembang, Barat jalan, jam 10.00-21.00

Sate Kambing

a. Mbok Galak, Jl.Letjen Suprapto, Sumber, Nusukan, timur pertigaan,utara jalan, jam 7.00-14.00

b. Sate Darso,: selatan pertigaan sebelum pasar Pengging, barat jalan,dekat rumah Gogon, jam 7.00-14.00

c. Sate Buntel Pak Bejo Jl.kapten Mulyadi, Lojiwetan, belakang/timur benteng. Jam 7.00-13.00 (Daging kambing cincang yang dibakar dengan bumbu sate)

Sate kere/Sate sapi/Sate tempe gembus

a.Yu Rebi-1: Teposanan belakang Sriwedari, utara jalan, timur perempatan RS Jiwa Mangkujayan, jam 10.00-15.00

b.Yu Rebi-2, Penumping, barat perempatan RS Jiwa Mangkujayan, utara jalan, jam 15.00-21.00

Tahu Kupat, Pak Midin, Jl.Museum, Sriwedari sebelh timur, barat jalan, jam 7.00-21.00

Sosis Solo, Warung Kita: Jl.Honggowongso No.107 C, selatan Hotel Novotel, barat jalan, jam 9.00-21.00.

Ketoprak (Sotomi Solo) , Yu Nani, Jl.Gatot Subroto Sraten, timur lapangan Kartopuran sebelah selatan, emperan, utara jalan, jam 9.00-14.00

Getuk, Subur, Jl.Museum/Sriwedari sebelah barat jalan, los 1,2,3,jam 8.00-21.00

Martabak telor

a.Angkringan depan getuk Subur No.10, jam 17.00-21.00

b.Pak Wi, selatan pertigaan Jl.Honggowongso dan Jl.M.Yamin(Notosuman), barat jalan, jam 17.00-21.00

Pecel nDeso (bumbu pecel tidak pakai kacang tetapi pakai wijen),Pasar Besar pintu masuk utara, dasaran, jam 7.00-10.00. (diStadion Manahan juga sudah banyak)

Masakan Cina : Centrum, Jl.RE Martadinata No.200, Warungmiri, 0271.633 275, jam 11.00-21.00

Bakmi Jawa/Sop Ayam

a.Pak Solet, Genthan, Laweyan, selatan tugu Pajang, barat jalan masuk gang 50 m, jam 9.00-20.00

b.Pak Sri, Jl.Tipes, utara jalan, depan Nugroho motor, tenda kaki lima, jam 18.00-24.00

Ayam Goreng, Ayam Goreng Kleco, dekat tugu perbatasan kota, Pabelan, utara jalan, jam 12.00-21.00

Ayam Bakar

a.Ojo Gelo, Jl.BrigJen Slamet Riyadi No.494, Purwosari, utara jalan, jam 8.00-21-00

b.Pengging, dekat sate Darso sebelum Pengging timur jalan, siang

Gudeg Bu Kasno,

Ini baru gudeg yang lain dari biasanya … gudeg ini menyediakan pula ceker ayam yang empuk dan dijamin pasti wuenak tenan . Biasanya satu orang bisa menghabiskan 10-20 ceker ayam. Jl.Monginsidi, Margoyudan, timur perempatan Banjarsari, barat SMAN I (dulu SMA Margoyudan), utara jalan, emperan, jam 02.00-05.00

Serabi Solo

a.Serabi Notosuman Jl.Prof.M.Yamin No.52, Notosuman, jam 06.00-18.00

b.Serabi Gajah, Timur Balapan, bawah jalan layang rel KA, jam 8.00-12.00

Abon, Srundeng, Intip, Usus ayam,Cabuk Toko Abon Varia, Jl.Coyudan No.114, utara jalan, 0271.637844, jam 9.00-20.00

Cabuk Rambak, Pasar Besar pintu timur, dasaran, jam 7.00-12.00

Roti Mandarin, Toko Orion, Jl.Urp Sumohardjo No.92, Mesen, jam 09.00-21.00

Gembukan, Janggelut: Jl.KH.A.Dahlan, utara pertigaan Jl.Slamet Riyadi, timur jalan, selatan Hotel Kusuma Sahid . jam 18.00-21.00.

Roti Kecik, Roti Ganep, Jl.Sutan Syahrir No.178, tambak Segaran, jam 09.00-21.00.

Es Krim: Tentrem Ice Cream Palace, Jl..Urip Sumohardjo No.93/97 Telp. 0271635597, jam 10.00-21.00

Dawet, Pasar Besar sebelah dalam, jam 7.00-11.00

Beras Kencur, Pak Sumardi, Jl.Tamtaman II No.99, Baluwarti, timur kraton, masuk gang, 0271.652811, botolan untuk dibawa, jam 8.00-20.00

Rujak, Lotis : Bu Slamet, Jl.Gatot Subroto , Kemlayan, selatan toko Busana Jawi, timur jalan, iam 10.00-14.00

Aneka es , Es Masuk, Jl.Kratonan, utara perempatan Gemblegan, timur jalan, jam 10.00-19.00

Cao Gletak, Pasar Grogol, timur jalan, jam 7.00-14.00. Tetes gula cao gletak, Pasar Sukohardjo sebelah utara, tempat penitipan sepeda, selatan jalan.

Kulit Ceker Ayam Goreng: Jl.Dr.Rajiman kearah Pajang, sebelum Tugu belok selatan, sebelum tanjakan, timur jalan, Bratan, Laweyan.jam 07.00-20.00

Karak : Mbah Wig, Bratan, Laweyan, selatan No.32 ada pertigaan telepon umum belok kanan, 10 m dari pertigaan, selatan jalan, rumah hijau.

Tongseng Bokong Kambing, Pas pertigaan Jl.Dr.Rajiman dan Jl.Agus Salim (Tugu Lilin) Laweyan, selatan jalan. Bokong kambing sudah dipajang, pilih sendiri yang kecil cukup untuk 3 orang, minta jangan terlalu manis, jam 09.00-14.00

Bebek Goreng :

a. H. Slamet, Gembongan Kartosuro , dari arah Kartosuro menuju Solo. Wuenak Tenan dan sudah memiliki banyak cabang di kota Solo.

b. Bu Siswo, Dari Solo lewat Klaten, +/- 1km sebelum pabrik gula Klaten, selatan jalan, desa Gondang, jam 7.00-5.00, istirahat jam 09.00-15.00.

c. Barat Stasiun KA Prambanan +/- 50m utara jalan jam 7.00-19.00, istirahat jam 09.00-15.00

Belut Goreng : Depan pasar Pengging pertigaan, barat dan utara jalan, jam 7.00-19.00

One thought on “Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s