Medan

Medan adalah ibukota dari provinsi Sumatera Utara, terletak di pesisir timur dan bagian utar dari pulau Sumatera. Kota Medan merupakan kota yang strategis dikarenakan letaknya di dipesisir Sumatera menghadap selat Malaka, sehingga secara geografis dengan pelabuhan Belawan nya merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia.

Sebagai kota peninggalan kerajaan Deli Serdang dan menjadi salah satu dari kota besar di Indonesia, Medan sangat ramai dan memiliki banyak etnis yang bermukim dikota ini, mulai dari etnis Melayu, etnis Batak, etnis Tionghoa, etnis Minang, etnis India. Keragaman suku bangsa di kota Medan ini yang menjadikan kultur dan budaya di Medan menjadi cukup lengkap.

Lokasi Medan

Pusat kota tau titik nol Medan berada tepat di alun-alun Medan yang kini terkenal dengan nama Lapangan Merdeka. Seperti biasanya pusat kota, lapangan Merdeka dipusatkan sebagai pusat kuliner Medan, dan lapangan Merdeka ini dikelilingi oleh bangunan pusat pemerintahan kota Medan yaitu kantor Bank Indonesia, Stasiun Kereta Api Medan, kantor pusat London Sumatera, Kantor Pos Besar Medan dan beberapa bank swasta.

Tidak jauh dari lapangan Merdeka terdapat jalan yang terkenal di Medan yaitu jalan Kesawan, dimana area ini banyak terdapat peninggalan landmark tempo dulu kota Medan. Cukup terlihat deretan bangunan tempo dulu di jalan Kesawan ini, sehingga area ini menjadi salah satu heritatge landmark Medan yang tersisa.

Kota Medan dikelilingi oleh kota-kota penyangga  sehingga perkembangan kota Medan cukup menyebar sampai ke daerah rural, beberapa kota penyangga Medan adalah kota Belawan dimana terdapatnya pelabuhan laut Belawan dan KIM (Kawasan Industri Medan), kota Binjaidan Tanjung Morawa sebagai area perindustrian, Brastagi sebagai area wisata dengan ketinggian diatas 1km dari atas permukaan laut.

Top Sightseeing di Medan

Landmark Medan

– Area Jalan Kesawan

– Area Lapangan Merdeka

– Masjid Raya Medan

– Area Kampung Keling

Wisata Alam di Medan

– Danau Toba

– Dataran Tinggi Brastagi

– Pemandian Air Panas

– Pantai Cermin

Posting yang berhubungan dengan landmark & wisata alam di Medan :

Transportasi menuju Medan

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Medan dapat ditempuh selama 10 – 12 jam perjalanan darat dari Banda Aceh  dan selama 10 – 12 jam dari Pekanbaru dengan melintasi jalan lintas timur Sumatera.

Menggunakan Kereta Api

Infrastruktur kereta api dari Medan hanya menjangkau kota-kota sekitar Medan, seperti Pematang Siantar, Kisaran, Lubuk Pakam dan Belawan.

Menggunakan Shuttle

Provider yang menyediakan kendaraan point to point menuju dan dari Medan hanya beberapa diantaranya shuttle Medan – Pematang Saintar, Medan – Kisaran, Medan – Langsa, Medan – Lubuk Pakam. Moda angkutan shuttle point to point banyak terdapat di jalan Sisingamangaraja Medan.

Menggunakan Pesawat

Bandara Polonia merupakan salah satu tersibuk di Indonesia, bandara Polonia ini saat ini terdapat didalam kota di daerah Medan Baru hanya berjarak 3 km dari pusat kota Medan. Hampir semua penerbangan domestik  beroperasi pesawatnya di bandara Polonia.

Semenjak Bandara Kuala Namu (KNIA) mulai beroperasi, jarak antara Kuala Namu dan Medan sekitar 39km. Tips menuju Medan dari Bandara Kuala Namu : menggunakan Taxi sekitar 60 – 90 menit, menggunkan Kereta Api ditempuh sekitar 25 – 30 menit dgn tarif perdana 80rb.

Operator Penerbangan yang melayani Medan adalah : Garuda Indonesia, Lion Airlines, Batavia Airlines, Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Airlines. Untuk penerbangan Internasional, operator penerbanga yg beroperasi di Polonia adalah Singapore Airline, Air Asia, dll.

Transportasi keliling Medan

Perjalanan untuk didalam kota Medan dilayani menggunakan angkutan kota (Angkot) yang melayani sampai piggir-pinggir kota Medan. Untuk kota sepadat dan sesibuk Medan, angkutan kota dengan mobil suzuki carry ini dirasa sudah obsolete sehingga moda angkutan kota yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar tidak sepenuhnya dapat dilayani. Terlebih lagi dengan kondisi infrastrukutur jalan kota Medan yang rata-rata tidak begitu lebar, menyebabkan titik-titik kemacetan dibanyak tempat.

Angkutan kota umumnya berwarna hijau dengan ditandai oleh nomor rute angkutan tersebut. Untuk stasiun angkotan kota berpusat di stasiun Sambu dan stasiun Amplas.

Operator Taxi banyak terdapat di kota Medan, diantaranya operator taxi Putera, Express dan Bluebird. Sedangkan taxi lokal juga ada beberapa di Medan. Untuk taxi, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya menanyakan dahulu apakah tarifnya fix atau menggunakan Argo.

Hotel di Medan

Hotel-hotel yang direkomendasikan di  adalah :

Hotel Grand Aston City Hall, merupakan hotel bintang lima berada di jalan Balaikota Medan, di depan lapangan Merdeka Medan. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan, seperti kolam renang, fitness center,bar dan club malam,  spa, jakuzzi, sauna, pijat, resto, fasilitas internet. Hotel ini sangat direkomendasikan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga ataupun utk mertemu dengan relasi kerja.

Grand Swiss-Belhotel,  merupakan hotel bintang lima dan berlokasi di jalan S Parman, bersebelahan denganCambridge City Square, sehingga untuk mencari makanan dan keperluan lain sangat mudah. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan, seperti kolam renang yang besar, fitness center, spa, jakuzzi, resto, fasilitas internet,sehingga menjadikan hotel Grand Swiss-Belhotel Medan sangat direkomendasikan untuk menginap untuk kepentingan bisnis dan menghabiskan waktu sangat baik untuk liburan keluarga.

Hotel JW Marriot, berlokasi sangat strategis di jalan Putri Hijau ,merupakan hotel bintang lima. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan, seperti kolam renang, bar/pub, fitness center, spa, jakuzzi, resto, fasilitas internet. Hotel JW Marriot Medan juga sangat direkomendasikan untuk menginap untuk kepentingan bisnis dan menghabiskan waktu sangat baik untuk liburan keluarga.

Hotel Aryaduta Medan, merupakan hotel bintang lima dan berlokasi di jalan Maulana Lubis, bersebelahan dengan mall  Grand Palladium, sehingga untuk mencari makanan dan keperluan lain sangat mudah. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan, seperti kolam renang, fitness center, spa, jakuzzi, resto, fasilitas internet,sehingga menjadikan hotel Aryaduta Medan sangat direkomendasikan untuk menginap untuk kepentingan bisnis dan menghabiskan waktu sangat baik untuk liburan keluarga.

Kuliner di Medan

Kota Medan memiliki kuliner yang unik dimana kuliner di Medan biasanya berciri khas Minang seperti restoran Minang Melayu Garuda, berciri khas India seperti roti Cane, berciri khas Sumatera Utara seperti sop Sipirok, makanan Sibolga, sop Kambing kuah wortel.

Untuk aneka jajanan dan oleh-oleh khas Medan diantaranya : Kue Bika Ambon di daerah jalan Gajah Mada, Kue Bolu Gulung Meranti di daerah jalan Sekip, Pancake Durian dan aneka makanan dengan bahan dasar Durian terdapat di jalan Sekip dan Kesawan.

Bahasa di Medan

Bahasa pergaulan di Medan adalah bahasa Melayu Deli Medan, bahasa Indonesia, bahasa Batak dan Bahasa Hokian. Percakapan menggunakan bahasa Melayu Deli Medan  yang lazim diucapkan adalah :

Mau pergi kemana? Bahasa Melayu Medannya “Mau kemana kelian pun?”

Enak benar makanan ini. Bahasa Melayu Medannya “Enak kalipun makanan ini”

Komunikasi di Medan

Untuk komunikasi telpon dan internet, jika anda memiliki handphone GSM bisa mengganti kartu SIM GSM dengan kartu SIM prabayar yang menawarkan paket lengkap yang didalamnya ada promo untuk call dan internet seperti kartu Simpati, kartu AS. Kalau menggunakan SIM CDMA, bisa mengganti dengan kartu prabayar Flexi. Pastikan anda menggunakan kartu prabayar tersebut karena secara kualitas dan jaringan lebih baik dibanding yang lain.

Untuk kebutuhan internet temporary, hampir disetiap sudut kota terdapat outlet Warnet (Warung Internet) dengan variasi mulai harga Rp. 3000 – Rp. 10000 / jam. Kafe-kafe dan lobby-lobby hotel di Medan biasanya menyediakan akses hotspot wifi gratis yang dibundle dengan harga makanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s