Travel Guide : Panduan Wisata Belanja di Singapore


Apa yang menjadi daya tarik Singapore untuk wisata Belanja?

Mengapa Singapore selalu menjadi tujuan belanja bagi para wisatawan dari luar Singapore? Banyaknya lokasi-lokasi perbelanjaan dari yang kelas menengah sampai kelas budget menjadi daya tarik sendiri Singapore, tetapi bukan faktor itu saja yang menjadikan Singapore sangat worthed untuk berbelanja.

Singapore bisa saja bukan tempat belanja yang termurah di Asia, seperti Bangkok, Hongkong dan Guangzhou. Tetapi jika kita mencari barang elektronik, gadget dan laptop terbaru dan terupdate, Singapore adalah salah satu tempat yang pas. Apalagi pilihan variasi dan model yang sangat lengkap untuk ketiga benda diatas, sungguh membuat penggemar gadget akan berlomba untuk berwisata belanja di Singapore. Untuk Jewellery, Jam dan asesoris lain, Singapore menjadi pilihan untuk keaslian genuine dari produk branded.

Bagi kita wisatawan dari Indonesia, sebenarnya berbelanja branded fashion, tas, pakaian, dan asesoris lainnya sebenarnya tidak bijaksana, karena secara harga bukanlah termurah apalagi jika kurs Sing dolar dan Rupiah lagi tidak bagus, apalagi sebenarnya fashion branded di Jakarta & Bandung lebih murah.

Kapan waktu yang tepat berbelanja di Singapore?

Untuk fashion branded, saat berlangsungnya event Singapore Great Sale di bulan Juli – Agustus adalah pilihan terbaik berbelanja di Singapore. Singapore Great Sale biasanya diikuti oleh hampir seluruh mall dan plaza dalam menawarkan barang diskon dan sale, terutama untuk produk-produk lama yang akan berganti dengan produk baru. Singapore Great Sale juga biasanya diikuti oleh promo diskon Visa atau Mastercard, sehingga jika berbelanja dengan kartu kredit akan mendapat potongan diskon khusus.

Dimana tempat belanja di Singapore?

Banyak pilihan tempat berbelanja di Singapore, tetapi ini disesuaikan dengan apa yang ingin kita beli. Ini rekomendasi shopping mall di Singapore :

Orchard Road

Berbelanja sambil menyusuri Orchard road sungguh merupakan pengalaman yang mengesankan. Di kanan kiri Orchard road berdiri gedung-gedung menjulang tinggi yang merupakan mall-mall dengan beraneka ragam jenis pilihan item belanja.

Pada pertemuan Scotts road dan Orchard road terdapat Tangs plaza, sedangkan sepanjang Orchard road berbaris pusat perbelanjaan mulai dari Lucky Plaza, Ngee Ann City, Scotts Shopping Centre, Wisma Atria, Far East Plaza, Takashimaya, Paragon Shopping Centre, The Heeren, Centre Point dan Orchard Central.

Orchard road sangat cocok untuk berbelanja fashion branded, jewellery, watch, asesoris, tas, sepatu dan lain sebagainya.

Tips : untuk berbelanja elektronik, laptop, camera, gadget, mall sepanjang Orchard road bukan pilihan terbaik dan termurah.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah hotel-hotel sekitar Orchard road.

Hotel Rekomendasi di sekitar Orchard :

Sim Lim Plaza & Funan IT Mall

Banyak orang beranggapan bahwa belanja barang elektronik (camera, laptop, gadget) di Singapore lebih murah dibandingkan di Indonesia. Anggapan itu ada benarnya, karena memang pajak impor di Singapure lebih murah dibanding di Indonesia dan turn over model barang elektronik di sana relatif lebih cepat dibanding di sini.

Dua pusat penjualan elektronik dan gadget yang terkenal di Singapura adalah Sim Lim Square (SLS) dan Funan IT Mall (FIM). Di tempat ini kita berbelanja ala Glodok dan Mangga Dua, yaitu barang tanpa label harga dan kita bisa menawar barang yang kita sukai. Selain itu terdapat pula toko elektronik yang lebih representatif ala elektronik city atau careffour yaitu Best Denki, Harvey Norman dan Courts. Di toko-toko ini sudah tercantum harga barang dan tidak bisa ditawar.

Meskipun terkenal murah, tetapi kita juga perlu berhati-hati ketika akan berbelanja, terutama di SLS dan FIM. Sudah banyak keluhan turis Indonesia yang merasa tertipu ketika berbelanja di kedua tempat tersebut. Ada satu tempat lagi yang sangat terkenal di Indonesia tetapi merupakan ”tourist trap” terbesar yang ada Singapura. Tempat itu adalah Lucky Plaza. Beberapa toko disana bahkan sudah masuk daftar blacklist Singapore Tourism Board. Jadi, datanglah ke Lucky Plaza untuk mencari kamar apartemen yang murah atau mencari restoran Indonesia di Singapore (seperti Ayam Penyet Ria, Kantin Aneka, Es Teler 77 dan Ayam Bakar Ojolali), tapi bukan untuk mencari barang elektronik dan IT.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah  hotel sekitar Sim Lim Plaza dan hotel sekitar Funan IT Mall.

Marina Bay

Distrik Marina Bay, dalam satu dasawarsa terakhir menjadikan suatu area yang tumbuh paling pesat di Singapore. Marina Bay didesign sebagai daerah bisnis, shopping dan wisata, sehingga pilihan untuk belanja pun sangat mengesankan. Mall di Marina Bay menawarkan barang-barang branded kelas mall yang tentu saja dengan harga ‘branded’ pula.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah hotel sekitar Marina Bay.

Rekomendasi hotel di sekitar Marina Bay :

Bugis Street

Bugis street popular dengan pusat perbelanjaan murah dan sangat cocok untuk barang oleh2 temen2. Barang-barang khas yang dijual unik di Bugis street adalah souvenir, kaos khas Singapore, tas oleh2 Singapore, pernik-pernik lain berlogokan Singa ataupun landmark Singapore.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah hotel sekitar Bugis Street.

Rekomendasi hotel di sekitar Bugis Street :

Little India

Area Little India menyajikan bermacam ragam kuliner dengan harga yang relatif lebih reasonable di Singapore. Kuliner terbanyak adalah kuliner India dan Arab serta café-café bernuansa western. Untuk kuliner India, bisa mencoba beragam parata (roti cane) yang dihidangkan dengan kare khas India, bisa juga mencoba roti Nan yang lebih tebal ataupun nasi biryani dan nasi lemak.

Mustafa Center juga berada di area Little India, Mustafa Center menawarkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan turis, seperti jewellery, parfum, jam, tas dll. Untuk harga, barang-barang yang ada di Mustafa center memang bukan yang termurah tetapi cukup reasonable.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah hotel sekitar Little India.

Hotel Rekomendasi di sekitar Little India dan Mustafa Centre :

China Town

Suasana China Town mirip seperti Bugis street, disepanjang China Town banyak kita temui berbagai barang khas khas Singapore, seperti tas oleh2 Singapore, kaos, pernik-pernik lain berlogokan Singa ataupun landmark Singapore, dan barang2 KW lainnya.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah hotel sekitar China Town.

Rekomendasi hotel di sekitar China Town :

Kampong Glam

Kampong Glam, kadang merupakan bagian yang terlupakan dari kota Singapura. Area kampong Glam adalah spot yang layak di kunjungi, dengan suasana khas Timur Tengah, mulai dari bangunan, makanan dan pernik-pernik timur tenga lainnya. Makan siang yang menyenangkan seperti kebab di Mall Bussorah Pedestrian dekat Masjid Sultan. Lokasi kampong Glam tidak begitu jauh dari MRT Bugis.

Jika area ini menjadi tempat utama, maka lokasi hotel yang cocok adalah hotel sekitar Kampong Glam.

Next Shopping Area

Daerah-daerah yang akan dikembangkan untuk pertokoan di Singapore seperti Robertson Quay, sepanjang Sungai Singapore, Marina bagian Timur dan Selatan. Daerah pertokoan akan bertambah di Tampines, Seletas, Woodlands serta Jurong bagian Timur.

One thought on “Travel Guide : Panduan Wisata Belanja di Singapore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s