Tips Travelling : Hotel, Penginapan dan Wisata di Puncak, Bogor


 Apa saja pilihan Rekomendasi Hotel terbaik di daerah Puncak ?

Rancamaya Golf and Country Club

Rancamaya Golf and Country Club, hotel bintang lima ini berada di jalan Rancamaya utama, Ciawi.

Fasilitas yang ditawarkan adalah club house seperti kolam renang yg luas dgn air terjun mini dan seluncuran dgn pemandangan ke Gunung Salak, Jacuzzi,Steam dan Sauna. Posisi restoran menghadap pemandangan lapangan golf dan Gunung Salak. Untuk penggemar sport juga tersedia kolom renang, lapangan tenis dan taman utk jogging.

Aston Bogor Hotel and Resort

Aston Bogor Hotel and Resort, terletak di The Jungle Mulyasari, Bogor Nirwana Residence, sangat cocok untuk liburan keluarga, lokasi sangat bagus dekat dengan pusat pusat perbelanjaan, bisa menjadi pilihan bila tujuan ke Jakarta untuk berbelanja atau berwisata kuliner, mudah dicapai dan banyak alternatif angkutan yang melewati hotel ini, tempat untuk parkir mobil juga cukup tersedia. Fasilitas yang ditawarkan adalah kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak, spa dan pijat untuk relaksasi bagi yg seharian kerja.

Palace Hotel Puncak

Palace Hotel Puncak, hotel ini berada di jalan raya cipanas, merupakan jalan utama jalur Puncak. Lokasi hotel strategis di tengah tengah Cipanas sehingga dekat ke restoran di daerah sekitarnya. Ruangan kamar dan kamar mandinya cukup luas. Pilihan makan pagi nya juga banyak. Ada Playground dan kolam renang untuk anak dan keluarga bermain. Spa, sauna, pijat dan gym juga tersedia untuk relaksasi dan fitness di hotel ini.

Yasmin Puncak Resort

Yasmin Puncak Resort, berada di jalan Japrah Palasari, lokasinya cukup strategis, dengan banyaknya kuliner di sekitar hotel. Menginap di hotel ini menyenangkan, pelayanan yang ramah dan sopan. Fasilitas kolam renang yang bagus, playing park, menu makan breakfast cukup bervariasi. Fasilitas yang ditawarkan adalah kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak, spa dan pijat untuk relaksasi.

Talita Mountain Resort

Talita Mountain Resort, berada di jalan Siguntang Puncak. Untuk menghabiskan akhir pekan sungguh tak terlupakan karena kamar dan staf hotel menyenangkan. View dari kamar saya sangat bagus dan interior yang baik. Tempat tidur juga bagus, makanan yang di sajikan juga enak. Fasilitas umum seperti kolam renang tidak terlalu besar. Fasilitas lain yang ditawar di hotel ini adalah spa untuk relaksasi dan resto aneka makanan.

Apakah Hotel Budget / Murah di daerah Puncak?

Amazing Bumi Ciherang Hotel

Amazing Bumi Ciherang Hotel, hotel yang berada di daerah cukup tenang di jalan raya Cipanas. Hotel cukup bersih, harga yang reasonable, dengan fasilitas kolam renang, lapangan tennis, taman dan fasilitas wifi.

Grand Prioritas Hotel

Grand Prioritas Hotel, berada di jalan Raya Puncak, hotel yang telah cukup lama, walau begitu pelayanan tetap ramah dan nyaman. Fasilitas kolam renang, taman dan fasilitas wifi.

Hotel LTC Villa Lotus Cipanas

Hotel LTC Villa Lotus Cipanas, berada di jalan Raya Puncak Cianjur, lokasi hotel yang nyaman dan udara yang sangat dingin sekali, berad di satu area komplek dengan one gate sistem, fasilitas kolam renang, serta lapangan futsal dan badminton.

Apakah Pilihan Villa di daerah Puncak?

Untuk penginapan villa di daerah Puncak ada banyak alternatif villa diantaranya bisa memilih : http://www.villapuncak.com/, http://villabungabunga.com/ atau http://www.viarenata.com/ serta banyak lagi pilihan villa lainnya.

Alternatif lain untuk mencari Villa/Kamar/Apartemen/Rumah di Puncak melalui website www.airbnb.com

Bagaimana Transportasi menuju Puncak ?

Pesawat: dari Bandara Soekarno Hatta naik Damri jurusan Bogor turun di terminal Damri (sebelah mal Botani Square), dari terminal ini melanjutkan perjalanan ke arah puncak dengan angkutan umum.

Kereta: turun di stasiun Gambir naik Commuter line tujuan stasiun Bogor.

Bus: Naik bus jurusan terminal Baranangsiang, kemudian melanjutkan dengan angkutan umum ke arah puncak.

Mobil Pribadi : Dari Jakarta menuju ke Bogor, jalan tercepat melalui tol Jagorawi, keluar di pintu tol Ciawi. Dari pintu tol Ciawi ini melanjutkan perjalanan menuju daerah pegunungan Puncak.

Apa saja tempat Wisata di Puncak, Bogor ?

Curug Cilember, terletak di Desa Jogjogan, Cisarua 20 Km dari Bogor. KPH Bogor: Jl. Desa Tengah Komplek Perkantoran Pemda, Cibinong – Bogor. Phone: 021- 8790726. Disini terdapat laboratorium penangkaran kupu-kupu yang akan melengkapi pengetahuan Anda tentang satwa kupu-kupu dari berbagai jenis. Untuk sampai ke Curug yang ke tujuh waktu yang ditempuh lebih kurang 3 jam berjalan kaki, terdapatnya tujuh (7) curug berurutan dengan airnya yang jernih.

Taman Wisata Matahari berlokasi di Jalan Raya Puncak Bogor, pintu masuk bisa melalui jalan masuk menuju kawasan wisata Curug Cilember dan melalui samping Rumah Makan Jago Rasa yang berada di sebelah kiri dari arah Ciawi menuju Puncak. Tempat wisata Matahari dengan luas sekitar 30 hektar menawarkan suasana wisata pegunungan yang meyegarkan dengan menyediakan fasilitas wisata untuk keluarga seperti Villa, Kolam Renang, Wisata Air, Paddle Boat, Mini Boat, Bumper Boat, Mobil dan Motor Safari, ATV Off Road, Arena Bermain anak, komidi putar, Wisata Sungai, Paket Outbond, Flying Fox dan Belanja di Super Bazzar. Harga tiket Rp. 3000 untuk wisata air sampai dengan Rp. 15.000,- untuk Flying Fox.

Wisata Agro Gunung Mas,  dengan istilah kerennya “tea walk” pengunjung di ajak untuk mengetahui bagaimana teh di proses. Bersama dengan pemandu pengunjung akan di ajak jalan santai mengelilingi areal perkebunan teh, menikmati hijaunya daun teh yang menghampar laksana permadani, bersatu dengan alam ditengah udara yang sejuk dan jauh dari polusi dan menyaksikan sendiri bagaimana teh dipetik. Tidak jauh dari tempat ini tepatnya di Jln Raya Puncak Kp. Pensiunan No 80 Tugu Selatan juga terdapat tempat menarik yang dapat memacu adrenalin. Anda bisa menikmati pemandangan perkebunan teh dan perbukitan puncak sambil melayang-layang di udara, PARALAYANG! Silahkan tanya-tanya info gimana bisa main paralayang dengan menghubungi pihak Mountnear Paragliding Center HP +62-818-143508. Email – mountnear@ymail.com |info@mountnear.com.

Taman Safari Indonesia (TSI) terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Jl. Raya Taman Safari, Cisarua Puncak – Bogor. Phone: 0251-8250000 Fax.: 0251-8250555 Website: www.tamansafari.com. TSI mengkoleksi beragam jenis binatang ini, disini kita bisa melihat binatang hidup bebas di alam yang dibuat mirip dengan habitat aslinya. Selain merasakan sensasi berdekatan dengan binatang, TSI juga memiliki banyak fasilitas hiburan di antaranya, safari park, taman burung, animal education show, prmates & reptiles, babby zoo, kincir raksasa, gajah dan kuda tunggang, safari trek, caravan & hotel dan wild-wild west. Tiket masuk Rp. 85.000 (dewasa), Rp.70.000 (di bawah 6 tahun), Safari Malam Rp. 110.000.

Puncak Pass, tempat paling strategis untuk melihat perkebunan teh dan landscape puncak. Udara yang dingin dan pemandangan hijau terhampar akan lebih pass ditemani dengan jagung bakar atau ubi cilembu yang masih mengepul.

Telaga Warna merupakan objek wisata danau kecil yang berada di Kecamatan Cisarua, tidak jauh dari puncak pass. Air danau ini dapat berubah warna-warni sesuai dengan alam saat itu. Mitos yang berkembang bahwa bagi siapa yang membasuh muka dengan air telaga ini akan selalu terlihat awet muda.

Kebun Raya Cibodas, terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius. Kebun Raya Cibodas (KRC) dimaksudkan sebagai tempat koleksi ex situ (di luar habitat) bagi tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Koleksi yang paling khas dari KRC adalah Taman Lumut Cibodas yang memiliki 216 jenis lumut dan lumut hati dari berbagai sudut Indonesia dan dunia. Tiket masuk KRC Rp. 2.000,- dan untuk masuk taman lumut menambah Rp. 6.000,-. Untuk mencapai KRC, dari Cipanas lewat Simpang Tiga Paregrejen sejauh 5 km. Bila menggunakan bus atau colt turunlah di pertigaan Cibodas, langsung menggunakan angkutan umum rute Cipanas – Rarahan, sampai di Balai Taman Nasional Gede-Pangrango, selanjutnya tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia 43253. Tel/Fax: +62-263-512776 | Tel/Fax: +62-263-519415 [booking], website: http://www.gedepangrango.org. Untuk mencapai lokasi Gunung Gede Pangrango bisa ditempuh melalui rute Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (100 km) menggunakan mobil, atau Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu 2 jam (89 km), dan Bogor-Salabintana dengan waktu 2 jam (52 km).

Di dalam kawasan hutan TNGGP terdapat obyek wisata:

Curug Cibereum, terdiri dari air terjun utama Curug Cibeureum, dan dua air terjun lain yang lebih kecil, Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum adalah air terjun terbesar dan paling pendek di kawasan ini, letaknya yang lebih terbuka dan dekat shelter sehingga lebih banyak dikerumunin. Disebelah kanan Curug Cibeureum adalah Curug Cidendeng, ukurannya lebih tinggi dan langsing. Airnya melintasi tebing batu-batu trap dan jatuh menimpa lereng tebing yang berlumut. Sedangkan yang paling kanan adalah Curug Cikundul, letaknya yang sangat tinggi dan agak tersembunyi di ceruk dua tebing. Pintu masuk menuju ke Curug Cibeureum terletak di sebelah utara sekitar 500 m dari pintu masuk utama Kebun Raya Cibodas.

Telaga Biru, danau kecil yang terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.

Kandang Batu dan Kandang Badak, digunakan untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa

Gunung Gede Pangrango, menikmati matahari terbenam/terbit, aktivitas geologi kawah dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon.

Alun-Alun Surya Kencana/ Lembah Mandalawangi, merupakan ladangnya bunga edelweiss. Lembah seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss.

Taman Bunga Nusantara, terletak di Desa Kawung – Luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur. Taman Bunga Nusantara menyajikan keindahan dan pesona bunga serta alam yang tertata apik.  Untuk menuju ke TBN, waktu yang bisa ditempuh dari Jakarta lebih kurang 2 sampai 3 jam. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, dan belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari persimpangan ini jaraknya hanya 9 km. Selain taman bunga yang cantik yang berasal dari beberapa negara seperti Jepang, Paris dan Amerika, di TBN juga terdapat labirin, jam raksasa dan menara pandang.

Danau Lido: Danau ini berada di pinggir Jalan Raya Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Cijeruk, Bogor. Tempat wisata ini, setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena selain tempatnya asyik, juga banyak hiburan dan rekreasi yang bisa dilakukan di danau buatan ini, seperti naik bebek-bebekan yang bisa dikendarai mengitari danau, atau jika Anda bersama rombongan, Anda bisa menyewa rakit untuk mengelilingi danau sambil melihat-lihat suasana alam dipinggiran danau. Foto Outbound di Lido

Kebun Durian Warso Farm, Kebun ini mengkoleksi 7 jenis durian, yaitu monthong, petruk, tembaga, sunan, lai, aspar dan simas. Pengunjung dapat menikmati durian yang berkualitas tinggi, juga dapat melihat pohon duriannya langsung, bahkan bisa juga memetiknya, serta melihat pemandangan yang indah disekitar kebun tersebut. Tersedia pula bibit durian berkualitas yang bisa dibeli.

Gunung Salak mempunyai pemandangan dan pesona alam yang masih asri. Bila Anda ingin mencoba wisata petualangan dengan mendaki Gunung Salak, Anda dapat menggunakan beberapa jalur pendakian, salah satunya melalui Jalur Girijaya dan Jalur Kutajaya (Cimelati).  Jalur pendakian yang sering dipakai adalah jalur dari Wana Wisata Cangkuang Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Dari Cangkuang ini ada dua jalur yakni jalur lama yang menuju puncak Gunung Salak 1 dan jalur baru yang menuju Kawah Ratu. Jalur yang penuh dengan nuansa mistik untuk berziarah adalah jalur dari Wana Wisata Curug Pilung, Desa Giri Jaya, Kecamatan Cidahu, Desa Kutajaya / Cimelati. Di sekitar pintu masuk Wana Wisata ini terdapat tempat-tempat yang nyaman untuk berkemah, juga banyak terdapat warung-warung makanan.

Kampung PENDING terletak di Desa Cimande hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menawarkan beberapa program yang menarik untuk diikuti. Paket wisata yang ditawarkan: REPLING (Rute Pendidikan Lingkungan), Pulang Kampung (diajak untuk menyelami kehidupan masyarakat desa sehari-hari) dan Outbound.

Curug Nangka, berjarak + 15 km dari jantung Kota Bogor, berada pada ketinggian + 750 mdpl, dan letaknya berdekatan dengan wana wisata bumi perkemahan Sukamantri.

Curug Country yang berlokasi di Desa Tanjung Rasa Kecamatan Tanjung Sari, Bogor. Objek wisata ini berpotensi untuk dikembangkan karena memiliki bentuk yang unik serta suasana alamnya yang nyaman, dengan rimbun pepohonan dan rumput yang luas. Keunikan dari  Curug Country terdapat pada bentuk Curugnya yang bertingkat-tingkat.

Setu Kemuning, terletak di Kampung Sudi Mampir, Desa Cimanggis Kecamatan Bojong Gede. Setu yang luasnya ± 10 hektar itu diperkirakan dibangun sejak tahun 1880, merupakan obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan karena panorama yang indah dan memiliki mata air alami yang tidak pernah kering sepanjang tahunnya, di sana tersedia fasilitas sepeda air dan pemancingan.

Setu Gunung Putri terletak disebelah pintu Tol Gunung Putri. Setu tersebut cukup menarik untuk dikunjungi, luasnya mencapai ± 9 hektar, panoramanya pun tak kalah dibanding Setu Kemuning.

Setu Cikaret terletak ± 700 meter arah Utara Kantor Bupati Bogor. Setu tersebut dibuat pada tahun 1816 dengan luas ± 25 Hektar. Setu Cikaret merupakan obyek yang tepat untuk bersantai, memancing serta berekreasi air.

Hutan Wisata Catang Malang berada di antara Desa Wargajaya dan Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur, tak kalah menariknya, dengan dikelilingi oleh pohon pinus yang membuat suasana begitu indah serta udara dingin dan pada saat-saat tertentu sering terjadi kabut. Di obyek wisata ini terdapat tiga buah curug, yaitu Curug Cidulang, Ciherang 1 dan Ciherang 2. Lokasi ketiganya masih betul-betul alami, udaranya sangat dingin dan sering tertutup kabut. Letaknya bersebelahan dengan Kecamatan Cisarua dan Kabupaten Cianjur.

Situ Gede, Kawasan Situ Gede merupakan suatu kawasan yang masih bernuansa alam pedesaan. Air Danau yang membentang lebar dengan latar hutan rindang dilengkapi dengan wisata air. Terletak di desa Situ Gede Kec. Bogor Barat dekat Lembaga Penelitian Hutan Tropis – CIFOR. Pecinta fotografi menyukai tempat ini terutama pagi hari karena sangat cocok untuk pengambilan foto bertema Ray Off Light.

7 thoughts on “Tips Travelling : Hotel, Penginapan dan Wisata di Puncak, Bogor

  1. permisi mau numpang tanya, kalau untuk liburan di puncak antara novus giri, palace hotel sama new ayuda hotel lebih recommended yg mna ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s