Travel Guide : FAQ Hotel dan Penginapan di Yogyakarta


Apa hotel terbaik di Yogyakarta?

  1. Royal Ambarukmo Yogyakarta – Salah satu hotel paling terkenal di Yogyakarta. Hotel berada di area strategis dan dekat pusat perbelanjaan yang hanya berada di sebeLah hotel. Harga sesuai dengan kenyamanan dan kepuasan yang diberikan. Pelayanan ramah dan variasi sarapan yang cukup lengkap mulai Indonesian food, Japanese, Europe dan American food. Fasilitas sangat menyenangkan dari hotel ini adalah kolam renang, bar tepi kolam, resto, bar/pub, serta kolam anak.
  2. Grand Aston Yogyakarta – Lokasi hotel ini sangat strategis, dekat ke pusat kota dan bandara. Pelayanan cukup baik dan ramah. Menu sarapan paginya luar biasa, cocok untuk perjalann bisnis atau liburan keluarga. Fasilitas pun cukup lengkap antara lain  kolam renang, bar tepi kolam, resto, bar/pub, serta kolam anak, gym, sauna dan fasilitas pijat.
  3. Hyatt Regency Hotel – Hotel dengan arsitektur yang bagus dan mempunyai area yang sangat luas. Fasilitas hotel juga bagus dan banyak fasilitas yang disediakan hotel, seperti memancing, naik delman, lapangan tennis, kolam renang, resto, bar/pub, serta kolam anak, gym, sauna dan fasilitas pijat.
  4. Melia Purosari Hotel – Hotel yg besar dan luas disambut dengan staff yg berpakaian punggawa kraton Yogya yg ramah. Fasilitas cukup lengkap dengan tersedianya kolam renang, klub anak, coffee shop, resto, bar/pub, serta kolam anak, gym, spa, sauna dan fasilitas pijat.
  5. Novotel Yogyakarta – Hotel Novotel berlokasi sangat strategis, dekat dgn pusat perbelanjaan Malioboro. Pelayanan pun baik dan ramah mencirikan budaya Yogyakarta yang lembut. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti  kolam renang, klub anak, coffee shop, resto, bar/pub, serta kolam anak, gym, spa, sauna, jacuzzi dan fasilitas pijat.

Apa lokasi terbaik wisatawan di Yogyakarta?

Lokasi terbaik bagi wisatawan adalah :

  1. Prawirotaman – dikenal sebagai kampung batik adalah sebuah kawasan yang terletak sekitar lima kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan populer sebagai daerah turis di Yogyakarta. Kawasan ini cukup unik dimana daerah Prawirotaman tidak hanya terdapat banyak pilihan penginapan dengan harga terjangkau tetapi juga terdapat sederet artshop, cafe berbagai masakan barat dan asia, toko buku, pasar tradisional dan sebuah batu tulis informasi. Disinipun tersedia tempat untuk keperluan turis seperti rental motor & mobil, internet cafe dan toko keperluan sehari-hari.
  2. Malioboro dan Sastrowijan – berjarak sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu dan tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Jalan Sastrowijan menghubungkan Jalan Jogonegaran dan Jalan Malioboro, Sosrowijayan dibagi menjadi dua daerah, yaitu Sosrowijayan Wetan dan Sosrowijayan Kulon. Daerah Sosrowijayan Wetan-lah yang kemudian dikenal sebagai kampung turis kedua di Yogyakarta setelah Prawirotaman. Kawasan Malioboro dan sastrowijan ini cukup banyak pilihan penginapan dengan harga terjangkau, mall, cafe, toko buku, sebuah batu tulis informasi, kursus batik, toko layanan wisata dan layanan lain untuk para turis.
  3. Keraton Yogyakarta – berjarak 1 km dari stasiun Tugu dan tidak jauh dari Malioboro, keraton Yogyakarta merupakan istana kerajaan Yogyakarta dulu yang sekarang berubah menjadi Museum.

Apa hotel terbaik untuk keluarga di Yogyakarta?

  1. Royal Ambarukmo Yogyakarta – Pelayanan yang ramah untuk anak-anak dengan fasilitas kolam renang anak dan taman bermain bagi anak.
  2. Grand Aston Yogyakarta – Fasilitas dan pelayanan yang sangat baik dari hotel ini bagi keluarga, staff yang ramah dan siap membantu terutama kepada anak-anak.
  3. Hyatt Regency Hotel – Hotel yang mempunyai taman yang sangat luas dan kolam renang yang indah, sehingga liburan bersama keluarga di hotel ini sungguh menyenangkan.

Apa hotel terbaik di sekitar Malioboro & Sastrowijan ?

  1. Hotel Santika Premiere Yogyakarta
  2. Inna Garuda Hotel
  3. Hotel Ibis Malioboro

Apa hotel terbaik di sekitar Prawirotaman ?

  1. Pramesti Jogja
  2. Villa Pondok Terra
  3. Pose in Hotel
  4. Grand Palace Hotel

Apa hotel terbaik di sekitar Keraton Yogyakarta ?

  1. The Phoenik Hotel
  2. Pop! Hotel Tugu Yogyakarta
  3. Hotel Santika Premiere Yogyakarta

Apa hotel murah / budget terbaik di Yogyakarta?

  1. Rumah Teras Yogyakarta – berada di Jalan Raya Rejodani Prumpung Sleman, dengan suasana rumah sehingga membuat betah keluarga.
  2. Edu Hostel Yogyakarta – berada di Jalan Letjen Suprapto, dengan design yang warna-warni, tertata rapi, berkonsep hostel yang nyaman dan simple.
  3. Eclipse Hotel – berada di Jalan Prawirotaman, hotel yang strategis dekat dengan Malioboro, cukup menyenangkan, kamar luas dan modern.
  4. The Cabin Hotel – berada di Gandekan Lor 2, Pathuk, cocok untuk backpacker, bersih, rapi pelayanan baik dan minimalis.
  5. Rumah Kayen Homestay – Suasana sekitar hotel yg tenang, petugas hotel yg ramah, kolam renang dan kamar yg bersih mendukung liburan kami di Rumah Kayen. Design Bathroom yg unik juga memberikan pengalaman baru. Sangat cocok u/ liburan keluarga dan Honeymoon

Haruskah saya memesan hotel di muka untuk Yogyakarta?

Ya – memesan dimuka akan lebih praktis. Yogyakarta adalah tujuan pengunjung /wisata sepanjang tahun dengan terlihat semakin meningkatnya wisatawan yang datang. High season hampir sepanjang tahun dengan peak season adalah liburan sekolah di bulan Juni – Juli dimana Yogyakarta akan lebih ramai dari biasanya.

Apa cara terbaik ke kota Yogyakarta dari bandara?

Taksi membutuhkan waktu selama 30 menit dan dengan biaya sekitar Rp. 100.000. Taxi hanya bisa menampung 5 (lima) penumpang.

Trans Yogya juga ada untuk rute Bandara – Yogyakarta, dengan tarif 3000/penumpang.

Kereta Api juga tersedia dari Bandar, sebenarnya tidak pernah ada rencana untuk memiliki KA di Bandara Adisucipto, tetapi karena lokasinya kebetulan berdekatan dengan jalur kereta api Yogyakarta- Klaten- Solo, maka akhirnya Adisucipto merupakan satu-satunya bandara yang telah memiliki jalur kereta api ke pusat kota, tidak saja Yogyakarta, tapi juga dapat mencapai kota-kota lain di sekitarnya.

Shuttle Bus juga tersedia terutama untuk daerah sekitar Yogyakarta seperti Magelang, Kebumen dan Purworejo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s