Tips Travelling : Dago Bandung


Dago adalah salah satu daerah yang sangat terkenal di Bandung, sampai-sampai ada anekdot bahwa belum ke abandung kalau tidak ke Dago. Daerah Dago berada 5 km ke arah utara dari pusat Bandung dengan luas area sekitar 6000ha. Ketinggiannya sekitar 690-730 dpl. Karena berada di daerah utara, maka Dago merupakan daerah yang cukup sejuk.  Suhu udara berkisar antara 18°C (terendah pada malam hari) sampai dengan 32° C (tertinggi pada siang hari).

Kata Dago berasal dari bahasa Sunda yaitu “Dagoan” yang artinya “menunggu atau tunggu”, pada jaman dulu, penduduk Bandung yang berada di wilayah utara Bandung memiliki kebiasaan saling tunggu menunggu satu sama lain, khususnya di kawasan terminal dan simpang Dago sekarang, ketika mereka hendak pergi ke kota. Sejak jaman kolonial Dago dikenal dengan nama Dagostraat (atau jalan Dago). Setelah jaman kemerdekaan, semua istilah yang berbahasa Belanda di naturalisasikan, sehingga nama Dagostraat pun menjadi hanya Dago saja.

Jika travelling ke Bandung, berikut ini adalah sightseeing yang bisa dilihat di daerah Dago.

Landmark Dago

Vila Tiga Warna (De Driekleur) 

De Deklieur berada di sudut antara jalan Dago dan Jl. Sultan Agung. Gedung ini didirikan pada tahun 1938 dan dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama A.F.Albers. Deklieur dipengaruhi oleh aliran Nieuw Bouwen semacam gaya arsitektur yang berkembang untuk melanjutkan generasi Art Deco.

De Driekleur mendapatkan penghargaan sebagai gedung tua terbaik di Bandung. Pengharagaan ini diberikan oleh Bandung Development Watch. Sekarang De Drikleur adalah gedung Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Gedung Ganesha ITB 

Landmark komplek ITB atau sering disebut juga Ganesha ITB merupakan salah satu peninggalan jaman Belanda yang sekarang dijadikan lembaga pendidikan ITB.

Jalan Layang Pasopati 

Jalan layang Pasopati adalah ikon landmark baru kota Bandung. Jalan layang ini, didesign untuk melewati cekungan Bandung Utara, membentang dari daerah Pasteur, Dago sampai lapangan Gasibu. Bentuk dari jalan layang Pasopati cukup khas sehingga menjadi salah satu landmark kejayaan kota Bandung.

Wisata Alam Dago

Dago Pakar

Dago Pakar atau Juanda Forest Park (Taman Hutan Raya Ir Juanda). Ini adalah sebuah taman hutan yang berfungsi sebagai daerah tangkapan air waduk untuk kota Bandung. Ada beberapa taman yang menarik untukdikunjungi oleh keluarga . Ada juga beberapa gua yang digunakan selama pendudukan Jepang pada 1940-an. Untuk mencapai Dago Pakar ada yang mencoba untuk berjalan melalui hutan sampai ke taman Maribaya di Lembang.

Gua Belanda dan Jepang

Gua Belanda dibangun pada 1812. Lalu pada 1918 ruang pada gua tersebut mulai diperbanyak. Jumlah seluruhnya ada15 lorong, semuanya menembus ke kaki bukit. Panjang gua ini sekitar 517 meter. Lorong tersebut pada awalnya dibangun untuk mengalirkan air cikapundung yang kemudian ditampung di kolam Pakar untuk pembangkit listrik tenaga air Bengkok. Namun setelah tidak aktif lagi, lorong itu akhirnya menjadi pusat radio komunikasi Belanda.

Sedangkan Gua Jepang dibangun pada 1942. Dibangun sebagai tempat penyimpanan mesiu atau gudang mesiu. Panjangnya 442 meter. Selain itu, lorong tersebut pernah dijadikan tempat balatentara Jepang untuk mempertahankan kota Bandung.

Hotel di Bandung

Dago adalah daerah yang strategis di Bandung, sehingga memilih Hotel di area Dago merupakan pilihan yang cerdas jika berwisata di Bandung. Mengingat kawasan Dago Bandung merupakan area yang favorit untuk dikunjungi maka perlu strategi seperti booking hotel jauh hari dan pastikan hotel mana yang kita inginkan.

 Berikut ini rekomendasi hotel-hotel di daerah Dago.

Untuk hotel-hotel yang berada di Dago bawah adalah :

Geulis Boutique hotel berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 129, Dago, Bandung. Terletak strategis di Dago, Geulis Boutique Hotel adalah tempat ideal untuk memulai eksplorasi di Bandung. Dari sini, para tamu dapat menikmati akses mudah berbagai tujuan wisata di bandung. Untuk pilihan jalan-jalan dan atraksi lokal, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh karena hotel ini terletak dekat denganberbagai Factory Outlet di jalan Dago,  Rumah Sakit Boromeus, Kebun Binatang Bandung, Mall Bandung Indah Plaza.

Hotel ini memiliki fasilitas kolam renang, spa, sauna, gym, coffee shop dan wi-fi disetiap ruangan. Fasilitas rekreasi hotel ini seperti sauna, gym/fasilitas kebugaran, kolam (anak), spa dirancang untuk berelaksasi. Apapun rencana kunjungan Anda, Geulis Boutique Hotel adalah pilihanterbaik untuk penginapan di Bandung.

Terletak strategis di Jl. Ir. H. Djuanda No.90, Dago, Bandung, The Palais Dago Hotel adalah tempat ideal untuk memulai eksplorasi di Bandung. Terletak hanya 1.0 km dari pusat kota sehingga memudahkan untuk menjelajahi kota Bandung baik untuk berbelanja di FO maupun menikmati kuliner Dago. Hotel ini memiliki fasilitas pijat, coffee shop dan wi-fi disetiap ruangan.

Terletak di Jl. Siliwangi No.5, Dago, Bandung hanya 300m dari simpang Dago, Scarlet Dago hotel tempat ideal untuk memulai ekplorasi kota Bandung. Memiliki akses mudah menuju factory outlet, pusat perbelanjaan, ITB  dan  para pencinta shopping.

Hotel ini memiliki fasilitas resto, parkir dan wi-fi di semua ruangan.

Para pengunjung kota Bandung akan menyukai kenyamanan serta kemudahan yang ditawarkan hotel internasional berbintang empat yang terletak di pusat kota ini. Holiday Inn Bandung Hotel menawarkan 186 kamar tamu dan suite yang modern dan didesain secara ergonomis. Hotel ini memiliki berbagai fasilitas yang layaknya dimiliki hotel berbintang empat, termasuk business center dan fasilitas konferensi.

Sekitar hotel dapat ditemukan berbagai Factory Outlet dan aneka kuliner seperti Gampoeng Aceh (kuliner khas Aceh), dan resto Sunda.

Terletak di jalan Sumatera no. 51, persis disebelah bandung Indah Mall, dan sangat mudah untuk menjauh seluruh tujuan wisata Bandung. Hotel ini menawarkan fasilitas eksklusif seperti coffee shop, gym, kolam renang, lapangan tenis, spa, pijat dan wifi ditempat umum.

Sedangkan hotel-hotel yang berada di Dago atas adalah :

Hotel Jayakarta ini cukup baik dan tenang, dengan pilihan kamar hotel dan paviliun, juga dilengkapi kolam renang yang luas sehingga jika membawa keluarga untuk menginap cukup menyenangkan. Terdapat gym dan spa, sauna, klub bermain anak yg tidak terlalu besar dan lapangan tenis.

Walau hotel Jayakarta ini sudah cukup tua, tetapi suasana dan kebersihannya masih cukup terawat dengan baik, Sehingga saat cocok untuk menghabiskan waktu untuk berlibur diakhir pekan di Bandung.

Hotel Marbella dilengkapi kolam renang yang cukup luas terdiri atas kolan anak dan dewasa, juga terdapat fasilatas kebugaran, jacuzzi, ruang rapat, pusat bisnis da coffe shop. Hotel Marbella memiliki view yang indah karena lokasinya dilembah Dago serta masih bisa menikmati suasana udara yang segar walaupun masih di dalam Bandung.

Hotel Valley Resort menyediakan salon, fasilitas rapat , tempat parkir mobil, restoran,serta layanan yang sangat menyenangkan dari petugas hotelnya

Untuk yang senang fitness atau hanya ingin bersantai setelah beraktivitas sepanjang hari, Anda akan menikmati fasilitas rekreasi kelas atas seperti fasilitas golf (lokasi bisnis), taman, kolam renang (luar ruangan), spa, pijat.

Lokasi Valley hotel juga di dataran tinggi Dago sehingga, udara masih cukup segar dan cukup dingin.

Hotel Dago Highland Resort memiliki pelayana yang baik dengan lokasi dengan suasana yang tenang. Hotel ini memiliki variasai kamar yang cukup banyak dengan fasilitas diantaranya kolam renang, spa dan wifi untuk internet.

Wisata Belanja Dago

Disepanjang jalan Dago banyak tersebar FO (Factory Outlet), diantaranya : Nike Factory Outlet, Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet, Blossom Factory Outlet, Level Factory Outlet, Glamour factory Outlet, Gossip Factory Outlet, Rafles Factory Outlets, Runway Factory Outlets.

Pada hampir seluruh Factory Outlet ini dapat ditemui pakaian atau barang-barang branded dengan harga bersahabat karena barang-barang ini umumnya adalah barang sisa ekspor yang tidak habis dikirim ke tujuannya.

One thought on “Tips Travelling : Dago Bandung

  1. Pingback: Hotel Nirmala, hotel murah kualitas lumayan | Life is journey, not a destination

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s