Memilih Penginapan dan Hotel Murah di Singapore


Bagi yang mau liburan ke Singapore, semoga tips ini bisa membantu mencari hotel atau apartemen atau dorm di Singapore.

Untuk ukuran rate hotel, kita perlu merogoh kocek lebih dalam jika akan menginap di hotel-hotel di Singapore karena hotel-hotel di Singapore banyak yang over budget alias agak mahal. Bayangkan untuk hotel kelas bintang 2 & 3 di Singapore dengan rate yang sama kita kan mendapatkan hotel bintang 4 atau 5 di Indonesia.

Untuk menentukan kita mau menginap dimana, ada beberapa pilihan menginap yaitu di Hotel, bisa juga Apartemen maupun dormitory (hostel).

Menginap di dormitory tentu sesuai dengan budget karena kisaran per orang bisa mendapatkan harga 100rb – 400rb. Untuk traveler individu atau kelompok yang tidak membutuhkan privasi (kamar tidur sendiri, kamar mandi sendiri, ruang kamar sendiri) tentu boleh-boleh saja untuk memilih di dorm. Perlu dipertimbangkan jika traveler wanita (apalagi muslimah) karena beberapa bed di dorm merupakan bed yang mix (campur antara pria dan wanita), karena biasanya 1 dorm terdiri atas 4, 8, 12 bed.

Bagi traveler yang membutuhkan sedikit privasi (kamar tidur sendiri), bisa mencoba untuk menginap di apartemen/kondominium. Secara rate menginap di apartemen bisa lebih murah dibandingkan menginap di hotel, tetapi tentu saja lebih mahal dari menginap di dorm. Catatan untuk menginap di apartemen, karena ada beberapa apartemen yang disewakan memiliki kamar mandi bareng. Seperti beberapa apartemen di sekitar Orchard, kamar tidur terpisah, tetapi kamar mandi bersama untuk 3 – 4 kamar di apartemen tsb. Apartemen cocok untuk traveler kelompok (lebih dari 3 orang dalam 1 kamar), karena secara regulasi di Singapore apartemen bisa dihuni lebih banyak traveler.

Hotel secara rate memang lebih mahal dari apartemen & dormitory, tetapi tentu banyak juga keuntungan menginap dihotel. Kamar hotel tentu lebih privasi, kamar tidur, kamar mandi khusus dan tidak campur dengan yang lain, sebagian besar termasuk breakfast dan juga kamar hotel akan dibersihkan setiap hari. Sehingga jika dimalam hari habis traveling, kita dapat tidur dengan nyenyak di kamar hotel.

Untuk budget hotel, memang banyak pilihan hotel, biasanya budget hotel ter-cluster di area Little India, di area Bugis, di area China Town dan daerah Geylang dan beberapa terdapat di area Balestier. Untuk yang ingin menikmati budaya dan kuliner India, menginap di sekitar Little India adalah pilihan yang pas. Sedangkan untuk menikmati nuansa kuliner Arab sekitar Bugis bisa menjadi pilihan. Bagi yang muslim tentu menginap di China Town sedikit menyulitkan untuk mencari makan halal, tetapi bagi non muslim, tentu tidak menjadi masalah. Sedangkan untuk area Geylang memang banyak hotel-hotel low budget tetapi memang sedikit lebih jauh dan pilihan stasiun MRT lebih sedikit.

Untuk low budget hotel bisa memilih jaringan hotel 81 :
○ Hotel 81 Rochor, Hotel 81 Dickson, Hotel 81 Selegie di area Little India
Hotel 81 China Town diarea China Town
Hotel 81 Bencoolen, Hotel 81 Bugis, Hotel 81 Heritatge di area Bugis
Hotel 81 Palace, Hotel 81 Geylang, Hotel 81 Tristar (dan beberapa hotel 81 lainnya) diarea Geylang

Ada juga jaringan hotel Fragrance :
Hotel Fragrance Rose, Hotel Fragrance Balistier di area Balestier
Hotel Fragrance Sapphire, Hotel Fragrance Sunflower di Geylang

Ada juga jaringan hotel Ibis di Singapore, hotel Ibis ini cukup compact dan bersih dengan lokasi strategis dekat Bugis yaitu Hotel Ibis Bencoolen dan Hotel Ibis Novena dekat dengan Orchard road.

Pada area Orchard sendiri sebenarnya merupakan area middle to high residential dan commercial sehingga rata-rata rate hotel di daerah Orchard relatif lebih mahal dibandingkan area Bugis, Little India dan Geylang. Untuk area Orchard tidak hanya rate hotel relatif lebih mahal, juga termasuk kuliner dan tempat belanja. So, untuk budget traveler, Orchard bukan pilihan terbaik menginap selama di Singapore. Tetapi untuk traveling di Singapore tidak perlu kawatir mengenai transportasi karena walau menginap bukan di area Orchard tetapi untuk jalan-jalan di Orchard, bisa dicapai dengan MRT maupun Bus dengan mudah.

Next posting, mungkin akan dibahas mengenai premium travel di Singapore seperti menginap di Hotel Marina Bay Sands, Hotel Mandarin Orchard, Hotel Ritz Carlton Millenia ataupun Hotel Raffless.🙂


One thought on “Memilih Penginapan dan Hotel Murah di Singapore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s