Apakah Jaminan Tepat Waktu Air Asia, bisa membuat Air Asia tidak Delay lagi ?


Menurut sumber berita dari kompas bahwa :

Maskapai penerbangan AirAsia Grup, yang terdiri dari AirAsia Berhad, AirAsia Thailand, dan AirAsia Indonesia mulai Senin (16/6) memberlakukan kebijakan terbaru yakni jaminan tepat waktu atau On Time Guarantee.

Kebijakan ini menetapkan bahwa keterlambatan penerbangan lebih dari tiga jam dari jadwal, akan mendapatkan kompensasi dari AirAsia yaitu berupa E-Gift Voucher AirAsia sebesar Rp. 500.000.

“Kebijakan On Time Guarantee bertujuan memberikan pengalaman terbang yang baik dan adil bagi penumpang, ” kata Chief Executive Officer AirAsia Dato Sri Tony Fernandes, Senin (16/6) di Malaysia.

Menurut situs resmi Air Asia, On Time Guarantee mulai tanggal 16 Juni 2008 diberlakukan, malah Air Asia menslogankan jika membuat penumpang menunggu selama lebih dari 3 jam, maka penumpang akan mendapatkan E-Gift vocher senilai Rp. 500rb. Penumpang yang diberikan kompensasi akan dihubungi melalui email dalam 3 hari kerja.

Tetapi Air Asia menyatakan bahwa hal ini hanya berlaku bagi segala keterlambatan yang disebabkan oleh AirAsia, tetapi bukan keterlambatan yang disebabkan oleh keadaan yang berada diluar kendali AirAsia seperti cuaca buruk, pengaturan jalur udara, penutupan bandara, kejadian atau tindakan yang disebabkan oleh alam.

Kenyataannya, keterlambatan itu hanya didasarkan pada jam keberangkatan terakhir yang Air Asia berikan bukan berdasarkan pada jam keberangkatan pada saat kita booking tiket tersebut. Sedangkan dalam waktu minima 24 jam sebelum keberangkatan AirAsia dapat mengirimkan perubahan jadual baru.

Jadi jika contohnya kita akan berangkat dengan Air Asia tanggal 1 bulan 1, jika sebelum 1×24 ada pergeseran jadwal keberangkatan (bisa dimajukan atau dimundurkan) maka klaim On Time Guarantee tidak akan berlaku. Hal ini hanya berlaku jika jadwal yang ditetapkan kemudian pada hari H dan jam J ada kemunduran keberangkatan maka barulah bisa diklaim On Time Guarantee.

Masih tidak fair juga…kan, karena selama ini yang sering menjadi issue santer karena Air Asia sering menggabungkan beberapa jadwal penerbangan menjadi satu jadwal keberangkatan, sehingga untuk penumpang yang memiliki tujuan agenda yang waktunya tidak bisa digeser jadi serba susah. Belum lagi jika saat ada perubahan jadwal ini, infonya tidak sampai ke calon penumpang, maka bisa saja tiket Air Asia kita bisa hangus.

So, jalan keluarnya kembali ke diri kita sebaga customer, jika kita membutuhkan suatu layanan yang membutuhkan ketepatan waktu keberangkatan dan memiliki agenda job yang fix, maka jangan pilih Air Asia, resikonya delay dan jadwal keberangkatan dimajukan/dimundurkan cukup besar. Tetapi jika untuk liburan yang tidak terikat dengan waktu dan membutuhkan Low Cost Carrier, bolehlah Air Asia menjadi alternatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s