Tip Top Medan, resto tempo doeloe yang bertahan sampai sekarang


Di setiap kota besar di Indonesia, ada fenomena tempat kuliner yang sudah bertahan selama bertahun-tahun, malah ada yang lebih dari satu abad yang masih tetap bertahan sampai sekarang. Kalau di Bandung ada BMC (Bandoengsche Melk Centrale), di Palembang sempat bertahan RM Sari Rasa walaupun sekarang sudah tutup, begitupun di kota lain.

Kalau di kota Medan, resto Tip Top tetap bisa bertahan selama lebih dari satu abad mulai dari jaman penjajahan Belanda, dan resto ini menjadi salah satu saksi sejarah kota Medan. Resto Tip Top ini terletak di jalan Ahmad Yani, atau dikenal dengan daerah Kesawan Medan. Kawasan ini merupakan kawasan paling tua di Medan yang masih banyak berdiri bangunan jaman dulu yang sudah mulai usang ditelan kerasnya jaman.

Kalau kita berkunjung ke Tip Top, hal yang masih cukup menarik diperhatikan seperti kita rasakan nuansa kolonial, dimana saat kita turun dari kendaraan telah siap pramuniaga khusus Tip Top yang siap membukakan pintu mobil kita dan mempersilahkan kita turun, begitupun saat kita selesai makan dari Tip Top, pintu mobil kitapun akan ditutup oleh pramuniaga tersebut. Nuansa pelayanan jaman kolonial masih tetap dipertahankan dan sangat spesifik untuk dirasakan pada jaman yang sudah sangat berbeda ini.

Belum lagi deretan photo tempo doeloe kota Medan terutama kawasan Kesawan, serta deretan photo perkembangan resto Tip Top sejak dari jaman doeloe sampai sekarang Cukup asyik menikmati suasana resto tempo doeloe di Tip Top ini.

Kualitas makanannya pun tetap dapat diandalkan dan memiliki cita rasa spesifik yang akan membuat pengunjung untuk betah untuk makan kembali di resto Tip Top ini. Menu spesial di resto ini adalah berbagai jenis steak, dari mulai steak import dan steak daging lokal. Belum lagi cita rasa berbagai jenis masakan nasi goreng yang cukup enak untuk dinikmati menjadi daya tarik dan kekuatan resto ini tetap bisa bertahan sampai sekarang. Juga hidangan desert es krim menjadi ciri khusus menu penutup di resto Tip Top ini.

Untuk petualang wisata kuliner di Medan, resto Tip Top bisa menjadi salah satu alternatif kuliner yang patut untuk dikunjungi di kota Medan.

6 thoughts on “Tip Top Medan, resto tempo doeloe yang bertahan sampai sekarang

  1. saya sangat senang dengan cita rasa masakan yang ada di medan, saya sangat kagum dengan cita ras yang ada, walaupun saya orang medan tapi saya terkagum-kagum dengan cita rasa yang ada, saya sudah sering keluar kota tapi cita rasa yang ada tidaklah senikmat cita rasa yang ada di medan, kalau bisa resto-resto yang ada di medan lebih menonjolkan lebih banyak masakan nusantara,

  2. Very nice place to eat and relax, really good food, good music!
    unfortunately the waiter response isn’t very good as well (of course not all), recently I was there, the restaurant wasn’t so busy at that afternoon, as I took a seat, the waiter (exactly the fat guy in the Photo), standing idly, just only looked at me for some minutes without any intention to help. Then I waved to another waitress, she came and asked me coldly and unfriendly:”what do you want?”, I said, I want to see the Menu, with some “ooh” she give me the Menu book. what a warm wellcome hospitality !. I really like to visit Tip top and hopefully this thing never happen again, Thank you for your sincere attention.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s