Palembang, gudangnya pempek


Belum pas rasanya kalau saya belum mensharing mengenai pempek Palembang, tapi bagi pembaca lain yang menetap di Palembang, mohon dimaafkan ya kalau ada info yang kurang valid, maklum udah jarang pulang ke Palembang.

Kalau mengenai rasa kayaknya gak usah dibilang lagi deh, yang pasti pempek bikin kita ketagihan. Tetapi sharing mengenai pempek Palembang ini tidak akan mengulas rasa dari pempek Palembang itu sendiri tetapi akan saya khususnya memberi info tempat-tempat favorit makan pempek khusus di Palembang saja. Let’s me start ….

Pempek Vico :

Menurut saya pempek favorit adalah pempek Vico. Awal pempek Vico ini tempatnya di daerah Plaju (seberang ulu) tetapi sejalan ekspansi pempek vico ini sekarangpun di depan PIM (Palembang Indah Mall) juga sudah ada cabang Pempek Vico.

Pempek kecilnya cukup besar, lembut dan putih, cuko nya juga cukup enak rasanya. Di pempek vico dijual pempek kecik (kecil, seperti telur kecil, adaan, pistel, kriting dan lenjer kecil) dengan harga Rp. 1.250/pempek. Kalau kita makan di Vico, pasangan minuman yang pas adalah es kacang merah.

Pempek Candy :

Lebaran kemarin juga mencoba makan ditempat pempek Candy di Jalan Kapt. Rivai dan di Jalan Sudirman sebelah Mc D Sudirman. Kalau dari pempek Candy ini favorit saya adalah pempek kulit ikan. Tetapi menurut saya pempek candy sudah mulai agak kecil dengan harga 1 pempek kecil Rp. 1.750.

Pempek Noni :

Toko pempek Noni letaknya di jalan Sudirman tepatnya di depan SMA Methodist 1 Palembang. Memang dari rasa pempek dan cuko nya, pempek Noni T O B banget, tapi pempek ini dari harga cukup mahal yaitu Rp 2.000/pempek.

Pernah dulu sama teman-teman se kantor makan di toko pempek Noni ini ber 5, gak terasa ternyata pempeknya yang dihidangkan udah habis sebanyak 100 pempek. Kalau dihitung jadi masing-masing orang rata-rata udah menghabiskan 20 pempek ..he..he..ngak terasa sih saking enaknya.

Pempek Pak Raden :

Setuju sekarang rasa pempek Pak Raden sudah mulai menurun, tetapi tetap enak kok bagi orang kebanyakan. Harga satu pempek kecilnya sekitar 1.500/pempek dengan pilihan semua jenis pempek kecil ada.

Tetapi sekarang kalau pergi ke resto Pak Raden di Jalan Radial dekat simpang empat Kapt Rivai Palembang, disana tidak hanya menjual pempek tetapi juga sudah ada menjual makanan khas Palembang lainnya, seperti pindang patin, pindang tulang dan tempoyak.

Pempek Beringin :

Pempek Beringin ini posisinya ada di jalan sayangan persis di simpang tiga Jalan Sayangan dan jalan Kol Atmo. Disini pempek kecilnya pun lumayan enak dengan harga 2.000/pempek.

Tetapi biasanya yang menjadi favorit di toko beringin ini bukan pempek kecilnya tetapi tekwan, model dan pempek lenggangnya.

Pempek Sudi Mampir :

Pempek ini posisinya di Jalan Merdeka, persis di depan Kantor Walikota Palembang dan biasanyapun kantor walikota ini disebut Kantor Ledeng.

Di Sudi mampir ini, pempek kecilnya lumayan besar-besar dan enak, rasa cukanya pun enak, manalagi disini tidak hanya menjual pempek kecil tetapi yang menjadi andalannya adalah pempek lenggang, tekwan dan model.

——————————————————————————-

Kayaknya gak bakalan habis sharing untuk membahas tempat makan pempek yang enak di Palembang. Nanti to be continued lagi ….

@ifmarch

5 thoughts on “Palembang, gudangnya pempek

  1. wahhh pempek emang enak bgt bos. Saya kalau di jkt sering beli pempek @bing di jalan Prof dr satrio Jakarta. Enak lumayan. di cukonya suka ditambahin abon ikan. Ajiib..

    • Saya juga penggemar berat makan Pempek Palembang nyandu…kali yee….klo….di Bogor juga ada yang jual Pempek yang ueenaak dengan cuka yang maanstaps dech?, lokasinya di Perumahan Ciomas Permai Bogor namanya “ PEMPEK XENA “, salam kuliner dari Buitenzorg.

  2. hahaha… lengkap abis..

    tapi ga perlu mahal kok untuk bisa enjoy makan pempek..
    kan judulnya makanan rakyat,

    daerah pakjo, ada pempek manCek, beh.. makyus..

    lemak, murah, besak, cukonyo banyak..

    hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s