Mengobati kekangenan masakan sunda di Bumbu Desa


Ungkapan bahwa kalau rindu dengan makanan kampung maka datanglah ke Bumbu Desa, begitu tepatnya. Seperti namanya, Bumbu Desa menawarkan menu-menu masakan yang sering kita jumpai di desa-desa tanah pasundan. Sedangkan mengenai cita-rasa, koki-koki di Bumbu Desa tidak kalah dengan chef-chef pada hotel berbintang lima.

Konsep dari penyajian di Bumbu Desa merupakan perpaduan antara seperti makan prasmanan di warteg digabung dengan dengan cara menghidangkan semua makanan di atas meja panjang seperti kalau kita temui di buffet-buffet di hotel berbintang. Perpaduan yang serasi antara kualitas pelayana resto dan cita rasa masakan desa.

Di Bumbu Desa, masakan favoritnya adalah ikan paray goreng dan tumis leunca (sejenis sayuran berwarna hijau bulat), selain itu aneka masakan khas sunda juga bisa kita temui di Bumbu Desa seperti aneka pepesan (pepes oncom, pepes tahu, pepes ayam, pepes peda dan pepes teri), berbagai tumisan dan sayur asem serta pasti tidak ketinggalan sayur lalapan.

Untuk sambalnya sendiri terdiri dari beberapa jenis dari mulai sambal oncom, sambal ijo dan sampai sambal goreng. Masakan khas pedesaan ini sangat menggugah selera makan, apalagi kalau masakan ini makannya tidak hanya dengan nasi putih biasa tetapi dengan nasi liwet ataupun dengan nasi tutug oncom yang merupakan nasi favorit saya…… raos pisan.

Sebenarnya Bumbu Desa ini pertama kali berdiri di daerah Laswi, tetapi sejalan dengan kedai ini semakin berkembang maka dibukalah kembali 2 cabang lain di Bandung yaitu cabang Pasir Kaliki dekat dengan pintu tol pasteur dan cabang FO Rumah Mode di jalan Setia Budi. Dari ketiga kedai Bumbu Desa ini, cabang yang di jalan Pasir Kaliki adalah cabang yang paling besar dan luas.

Terakhir saya dan kel makan masakan bumbu desa ini di FO Rumah Mode dengan memilih masakan nasi tutug oncom dengan daging gepuk, pepes usus, sayur tumis genjer, otak sapi goreng dan sayur asem….seger dan maunya tambah nasi bisa berkali-kali.

Mengenai harga, rata-rata harga di Bumbu Desa tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau di kantong mulai dari per jenis masakan seharga Rp. 7.500. Sehingga untuk mengobati kekangenan masakan sunda maka datanglah ke Bumbu Desa.

ifmarch

3 thoughts on “Mengobati kekangenan masakan sunda di Bumbu Desa

  1. Saya adalah pemilik restoran Ayam Goreng Fatmawati yang terletak di Damansara Perdana di Kuala Lumpur. Saya membawa masuk francais ini dari Bogor di Indonesia ke Malaysia. Restoran ini makanan asli sunda.
    Datang ya ke restoran Ayam Goreng Fatmawati di G-18, Jalan Pju 8/3 Bandar Damansara Perdana 4782, Petaling Jaya, Selangor-Malaysia. Tel: 03-77109158 .
    Bumbu nya asli dari Indonesia dan rasanya asli seperti di indonesia. harganya juga terjangkau.
    Pak Januar Siregar,
    Pemilik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s