Sisi lain visit Indonesia Year 2008, Halo Bandara Soekarno Hatta ^-^


Siapa sih yang tidak pernah menginjak bandara internasional Soekarno Hatta Jakarta ? Rasanya sebagai bandara di ibukota Indonesia dan Jakarta sebagai pusat simpul dari semua aktivitas perekonomian Indonesia, sudah sewajarnya bandara internasional Soekarno Hatta merupakan bandara yang terluas, terpadat, tersibuk dan seharusnya terlengkap.

Terluas, tersibuk dan terpadat sih emang iya dibanding dengan bandara lain di Indonesia. Tetapi kalau dibilang terlengkap dan memiliki fasilitas baik untuk level bandara internasional, ini seharusnya yang harus dibenahi.

Membandingkan bandara Soekarno Hatta dengan dengan bandara internasional lain di Asia Tenggara apalagi di Asia tentu akan menempatkan bandara Soekarno Hatta diurutan buncit alias urutan belakang.

Untuk hal fasilitas umum, sering kali saya memperhatikan hal-hal yang kecil yang sebenarnya cukup penting seharusnya ada di bandara internasional selevel bandara Soekarno Hatta.

Pada bandara KLIA (Kuala Lumpur International Airport) fasilitas stop contact (catuan listrik) terdapat dimana-mana, disetiap ruang tunggu, di sudut-sudut tempat duduk dan tempat2 yang tidak kita duga selalu tersedia fasilitas ini. Sehingga kebutuhan penumpang untuk men-charge batere HP, buka laptop dan peralatan listrik lainnya menjadi mudah. Belum lagi, fasilitas keran air untuk umum dimana airnya bisa langsung di minum bisa ditemui dibeberapa sudut KLIA. Sepertinya saat membangun bandara KLIA, design dan planningnya cukup baik, sehingga fasilitas umum juga dipikirkan dengan baik.

Sedangkan di bandara Changi Singapore rasanya tidak hanya stop contact, malahan hampir disetiap tempat kita bisa mengakses internet via wi-fi dengan gratis dan juga fasilitas untuk orang cacat seperti alur jalan untuk kursi roda orang cacat dan orang sakit sudah disediakan dengan baik. Belum lagi fasilitas informasi mengenai gate, info berbagai ruang, info wisata, info transportasi, informasinya diberikan dengan sangat baik berupa brosur maupun berupa layar monitor yang cukup canggih sehingga untuk info fasilitas apapun seharusnya orang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Changi pun tidak akan bingung dan tidak harus bertanya pada petugas, karena semua sudah tersedia dan dapat kita manfaatkan.

Kembali ke bandara Soekarno Hatta, rasanya jangankan fasilitas internet gratis via wi-fi, fasilitas jalur kursi roda, fasilitas keran air untuk umum, juga fasilitas informasi yang jelas, fasilitas stop contact yang harusnya ada disetiap sudutpun rasanya agak susah kita temui. Malahan kalau kita memasuki ruang tunggu dibeberapa terminal keberangkatan, stop contact yang disediakan memang ada tetapi semrawut dan kabel yang terurai kemana-mana. Yang hanya cukup baik dijaga kebersihannya hanya toilet umum, tetapi untungnya juga ini dijaga dengan baik. Memang kita sebagai bangsa Indonesia selalu beruntung….he..he..

Kapan ya bandara internasional kita menjadi jauh lebih baik …

Related topic :

KLIA, Changi Airport, Ada apa dengan Soekarno Hatta, Wikipedia about Bandara Soekarno Hatta, www.my-indonesia.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s