Kawasan Puncak yang selalu dikunjungi warga Jakarta


PUNCAK adalah nama yang diberikan kepada kawasan – kawasan wisata yang terdapat di sepanjang jalan raya antara Bogor – Cianjur yaitu tempat-tempat seperti Cipayung, Cisarua, Cipanas, Ciloto dan bertemu di pusat wisata Puncak Pass. Tempat-tempat ini pada hari-hari libur sangat digemari oleh wisatawan – wisatawan domestik, sehingga kini pada hari-hari libur di jam-jam tertentu kendaraan hanya boleh dilalui satu arah.

Di kawasan jalur Bogor – Cianjur banyak terdapat hotel dan villa yang disewakan, di samping rumah makan dan restauran, dekat sebelum Puncak Pass, ada sebuah danau yang disebut Telaga Warna yang airnya berwarna-warni. Jika kita melalu jalur sepanjang Bogor – Cianjur, maka akan banyak kita temui para penjual buah-buahan dan sayur-sayuran segar, mulai dari buah pepaya, pisang, nenas, manggis, begitupun sayur selada, sawi, dan ini dia …. petai yang saya sukai.

Terakhir saya ke Cipanas Puncak yaitu di awal Desember 2007, dimana saya harus mengikuti tugas dari perusahaan dalam rangka acara workshop. Kebetulan saat itu saya menginap di Villa Bintang Raya di daerah Cipanas. Jangan terkecoh dengan namanya Cipanas, karena walaupun ada kata-kata panas tetapi sebenarnya suhu di Cipanas cukup dingin, bisa sekitar 18 C dimalam hari dan sekitar 24 C di siang hari. Dingin bukan ?

Kalau main ke daerah Puncak dan mau cari makan yang viewnya oke, jangan dilupakan rumah makan Rindu Alam, posisinya agak naik sedikit dari daerah Cipanas. Gak terlalu jauh kok. Panorama dan view saat kita lagi makan cukup asyik, tapi jangan sampe keasyikan lihat pemandangan, karena bisa-bisa makanan kita cepat dingin dan gak enak lagi untuk disantap.

Walaupun dahulunya daerah Cipanas Puncak merupakan daerah yang lalu lintasnya agak padat terutama dulu saat jalan tol Cipularang belum dibangun, hampir sebagian besar pengguna kendaraan yang akan ke Bandung dari Jakarta & Bogor tentu melalui daerah Cipanas Puncak.

Tetapi sekarang kendaraan yang akan ke Bandung dari Jakarta dan Bogor bisa menggunakan jalan tol Cipularang, tetapi pesona dan daya tarik Cipanas Puncak tidak juga surut dari tujuan wisata warga Jakarta. Hampir di akhir pekan dan hari libur lainnya daerah sepanjang jalur Bogor – Cianjur, termasuk Cipanas selalu padat didatangi para keluarga yang akan melakukan liburannya.

2 thoughts on “Kawasan Puncak yang selalu dikunjungi warga Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s