Swear deh…, Indonesia memang lebih indah dibanding negara tetangga


Judul dari kata-kata diatas disarikan dari pengalaman mengunjungi beberapa negara tetangga kita, sebagai pembanding dari keragaman budaya dan wisata Indonesia.

Swear deh Indonesia memang indah, malahan tempat wisata di Indonesia jauh jauh lebih indah dari semua negara di Asean, seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Philipina.

 Kalau kita mau bandingkan :

1. Seringkali kita lihat promosi mengenai wisata ke Genting, Malaysia kan. Jangan bayangkan bahwa Genting jauh lebih indah dari Puncak ataupun dari Malang sekalipun. Tidak benar sama sekali, Puncak malah secara keindahan alam dan spesifik kultur budaya, jauh lebih menarik. Bedanya hanya di Genting, secara kemasan promosi dan keseriusan membangun image daerah wisata lebih konsisten dan disupport penuh oleh pemerintah Malaysia.

2. Apakah pernah juga membandingkan Sentosa Island dengan Dufan dan Ancol? Terus terang, saat di Sentosa Island suasana dan objek permainan di Sentosa Island lebih garing dibanding Dufan dan Ancol. Hanya saja ada Cable Car yang menghubungkan dari Harbour Front ke Sentosa Island. Hanya itu saja lebihnya, sedangkan yang lainnya lebih nendang kalau kita liburan ke Dufan ataupun Ancol.

3. Kalau membandingkan pantai Pattaya Thailand dengan pantai Kuta dan Sanur di Bali…? Tentu bukan perbandingan yang seimbang meski kita lihat dari sudut manapun, Kuta dan Sanur Bali menang segala-galanya, dari mulai kultur budaya, tempat wisata, fasilitas turis, keramahan masyarakat Bali, semuanya deh, Bali is the best.

Jadi apa dong yang membuat program wisata Visit Indonesai Year 2008 kadang tidak sukses?

1. Konsistensi program wisata Visit Indonesia Year secara tahunan yang terprogram agendanya mulai dari Januari sampai Desember, terus diekspos, diberitakan, diinfokan terus menerus. Kalau ditanya apa program rinci agenda Visit Indonesia Year 2008, tentu kitapun tidak tahu sampai saat ini.

Contoh lagi tagline yang populer dari Malaysia adalah Malaysia Truly Asia, sangat pas dan mengena untuk mengidentikkan wisata Malaysia, sedangkan Indonesia mana?

Kalau Singapore agenda tujuan wisata dan agenda Great Sale Singapore dalam satu tahun penuh sudah terekspos dan tersebar dengan baik. Indonesia mau mencontohnya dengan Jakarta Great Sale, udah miskin ide malahan mengekor (follower) program negara lain. Gak pas tuh.

2. Seluruh informasi mengenai tempat wisata, bagaimana cara mencapainya, akomodasi apa yang diperlukan, tempat penginapan apa yang tersedia, semua yang berhubungan dengan tempat wisata tersebut kalau di Indonesia tidak terdata dengan baik. Jika tidak terdata dengan baik, manalagi mau diekspos, diinformasikan, diberitakan apalagi mau dibuat brosur. Ini sih kekurangan wisata Indonesia.

Kalau sudah serius untuk membenahi kekurangan-kekurangan kita, sebenarnya aset dasar tempat wisata dan kultur di Indonesia jauh sangat lebih menarik dan lebih indah dibandingkan negara Asean manapun, tinggal bagaimana pemerintah mengemasnya menjadi suatu paket promosi yang menarik, gampang diingat, dan memberikan ciri wisata Indonesia secara unik.

Welcome Visit Indonesia Year 2008, semoga sukses.

Related Topic :

http://www.my-indonesia.info, www.endonesia.com, www.navigasi.net, travel.yahoo.com, www.virtualtourist.com

@ifmarch

2 thoughts on “Swear deh…, Indonesia memang lebih indah dibanding negara tetangga

  1. Sebetulnya yang kurang di VIY2008 adalah promosi dan building image /branding daripada indonesia.

    Makanya seluruh pihak yang berkepentingan terutama departemen pariwisata harus memikirkan bagaimana membuat tag line atau promosi image Indonesia itu bisa mengena tidak saja bagi wisatawan tetapi juga bagi dunia internasional.

    Mulai lah dari sekarang membuat brand strategi yang tepat. Dimulai proposed slogan. Mungkin dengan menggelar kompetisi untuk kalangan kampus, umum, atau korporat. Nanti dari sana kita bisa seleksi dari pemenang brand strategi dan slogan tersebut. Jadi kita mulai dari kita sendiri nggak usah terburu2 memakai jasa profesional asing. Saya yakin dengan kemampuan anak bangsa ini.

    Kalau Malaysia ada Truly Asia, Tahiland ada Amazing Thailand, Singapore Great Singapore Sale, India ada incredible India. Mudah2an nantinya di tahun ini ada Bhinneka Tunggal Ika Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s