Apa bisa Hidup Ala Coca Cola ?


Sebenarnya saya agak malas memberikan opini mengenai Coca Cola, kenapa ? Lihat aja udah banyak yang mengulas Coca Cola, yang pasti didalam masing-masing opini sudah mengulas kelebihan dan kekurangan Coca Cola. Tetapi ada yang tetap seolah memaksa saya untuk tetap memberikan opini mengenai Coca Cola. Apa itu ? Karena sudah hampir puluhan tahun baik di dunia maupun di Indonesia, Coca Cola adalah market leader untuk minuman bersoda.

Tetapi ada yang tetap seolah memaksa saya untuk tetap memberikan opini mengenai Coca Cola. Apa itu ? Karena sudah hampir puluhan tahun baik di dunia maupun di Indonesia, Coca Cola adalah market leader untuk minuman bersoda.

Kenapa bisa begitu, padahal kalau kita amati manfaat kandungan Coca Cola seperti : Energi : 84 kkal, Lemak total : 0 g , Karbohidrat Total : 22 g , Gula :22 g, Protein : 0 g , Natrium : 10 mg. Rasanya manfaat dari Coca Cola ini juga bisa kita temukan pada produk bersoda lain. Belum lagi masalah kesegaran saat diminum seperti iklan Coca Cola yang menyegarkan, hampir semua minuman bersoda jika diminum dalam keadaan dingin tentu menyegarkan…bukan.

Manalagi sekarang ini, kompetitor Coca Cola datang dari bermacam produk, mulai dari minuman ber-ION (pocari dll), minuman air putih menyegarkan (Aqua dll), minuman ber energi (extra joss dll), minuman sari sari buah (buavita dll), tetapi tetap saja eksistensi Coca Cola tetap tidak tergoyahkan. Kenapa ya ?

Ini pandangan subjektif saya mengapa Coca Cola tetap eksis dan menjadi market leader untuk minuman bersoda :

1. Jaringan Distribusi, jaringan distributor Coca Cola telah terbentuk dari mulai ibukota negara sampai kota kecil dikepulauan Maluku dan Papua, jaringan distribusi ini juga sudah ada dari mulai restaurant bintang lima hotel di Jakarta sampai kedai Mang Teuku di Sabang dan kedai Om Albert di Irian.

2. Marketing Communication, marketing komunikasi Coca Cola sangat brilian, dimana tagline Always Coca Cola sangat menancap di hati konsumen sampai tagline baru-baru ini yang diiklankan yaitu Hidup ala Coca Cola.

Tapi apa mungkin ya, pada iklan Hidup Ala Coca Cola dimana satu keluarga dengan hidangan yang lengkap untuk makan malam tapi minumnya Coca Cola. Secara realistis sih, jika kita orang Indonesia makan nasi dan sedikit agak kenyang dan saat minumnya kita minum Coca Cola, ….. apa ngak bikin perut kita kembung, malahan bisa-bisa langsung mules ……. ha…ha..ha…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s