Palembang : Martabak HAR


One of favorite food di Palembang yang selalu dicari oleh warga Palembang adalah Martabak HAR. Sebenarnya martabak HAR ini pertama kali dipopulerkan oleh warga keturunan Arab H. Adul Rozak sebagai pelopor makanan ini. Tempat pertama kali ada di simpan Jl. Jendral Sudirman dan Jl. Kol Atmo, persis di sudut jalan. Tapi sekarang, cabangnya sudah banyak sekali.

Hm…… restoran ini nih biasanya selalu ramai oleh pengunjung, tempatnya tidak terlalu ekslusif dimana biasanya tata ruangnya : didepan ditampilkan tempat bagaimana cara memasak martabak HAR, lalu baru dibagian agak belakang disediakan kursi meja untuk para pembeli.

Martabak HAR adalah makanan martabak India gitu……. kalo di-deskripsikan dengan kata-kata sih………..itu tuh MARTABAK berisi dua telur (bisa ayam atau bebek…) dilapisi adonan tepung yang dari buletan kecil, tapi oleh keajaiban tangan si pembuatnya bisa jadi lebaaaaaaaaaaaaar banget, pake di puter2 gitu deh…….. kaya di film-film kung-fu gitu deh….terus dikasih kuah, namanya kuah Kari…. pake kentang dan daging (bisa daging sapi atau kambing)……lalu dikasih saus yang isinya adalah campuran kecap asin dan potongan cabai hijau dipotong kecil-kecil…….

Wah kalau di Palembang…. nih tempat kalo jam makan siang tuh,….. rame banget deh, karena peminatnya banyak dan harganya tidak terlalu mahal sekitar Rp. 8-9rb saja. Kalau makan ditempat, dijamin keringat akan mengucur karena suasana tempat yang ramai dan cukup panas (biasanya tidak ada AC). Dan dijamin puas ……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s