Citibank Card officer online 24 hour watching fraud


Saya telah memakai cukup lama kartu citibank, tapi selama ini tidak ada sesuatu hal yang saya anggap berkesan. Seperti biasa pemakai kartu kredit lain, aktivitas perbulannya hampir sama saja, berapa yang kita gesek itu menjadi tanggung jawab kita untuk membayarnya di tagihan bulan berikutnya.Hingga pada suatu malam, dimana saya pada malam itu sedang berada didepan internet untuk mempersiapkan liburan keluarga. Melalui internet yang melakukan transaksi yang cukup banyak via citibank card visa, mulai dari membeli ticket flight online, booking kamar hotel online. Karena untuk keluarga (saya + istri plus 2 orang anak) maka transaksi yang dilakukan pun cukup banyak nilai nominalnya.

Lagi asyik-asyiknya transaksi online, eh ..tiba-tiba sekitar pukul 24.00 malam, saya dikejutkan oleh suara telpon hp saya. Saat saya jawab, rupanya diujung telpon saya adalah petugas citibank yang tiba-tiba menanyakan sesuatu.

“Malam, Pak, saya dari citibank, betul kami bicara dengan bpk X pemilik kartu kredit citibank no Y”, kata petugas diujung sana. Dengan sedikit tergagap karena udah ngantuk saya menjawab, “Betul, ada apa?”. Kemudian petugas citibank memberitahukan bahwa saat ini mereka memonitor bahwa kartu bapak sedang dipakai untuk transaksi online internet dengan jumlah transaksi yang banyak dan jumlah nominal yang lumayan besar. Apa betul bapak yg memakai?

Kemudian dgn spontan sebelum saya jawab Iya atau tidak, saya berkata, “kok saudara tahu, darimana saudara tahu ada transaksi online”. Petugas tsb menjawab, mereka tahu hal itu karena mereka memonitor terus menerus seluruh pemakaian kartu kredit citibank via internet seluruh member citibank secara real time dan terus menerus. Jika ada transaksi yang dianggap anomali atau ada indikasi fraud maka mereka akan mengkonfirmasikan ke pemilik kartu. Akhirnya saya jawab, “Betul, saya yang lagi pakai untuk transaksi A, B, C , D dll”. Kemudian petugas tersebut pamit dan mengucapkan greeting khas citibank.

Dari peristiwa ini, saya paham bahwa untuk pengelolaan kartu kredit ternyata citibank yang terkenal dengan bisnis card, memang sudah sangat siap untuk after sales kartu kredit mereka.

Leave a Reply

