Palembang

Palembang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Selatan, terletak di pesisir timur dan bagian selatan dari pulau Sumatera. Jika melakukan perjalanan lintas Sumatera lewat jalur timur, kota Palembang menjadi kota perlintasan para travelling.

Sebagai kota peninggalan kerajaan Sriwijaya dan menjadi salah satu dari kota besar di Indonesia, Palembang cukup ramai dan memiliki daya tarik beragam, mulai dari kota perdagangan, kota jasa, beragam peninggalan kerajaan Sriwijaya dan memiliki kuliner yang khas.

Lokasi Palembang

Wilayah kota Palembang dapat dikelompokkan menjadi 2 wilayah, yaitu bagian Hilir Sungai Musi dan bagian Hulu Sungai Musi. Bagian Hilir sungai Musi atau disebut daerah Sebrang Ilir merupakan daerah terluas dari bagian kota Palembang, sedangkan daerah Hulu sungai Musi atau daerah Sebrang Ulu merupakan daerah pengembangan kota Palembang. Kedua daerah ini dihubungkan oleh jembatan Ampera dan jembatan Musi II.

Daerah Palembang Ilir merupakan daerah ramai dengan terdapatnya gedung-gedung pemerintahan kota Palembang, bandara udara palembang, pelabuhan sungai, lokasi residensial dan pusat bisnis kota Palembang. Sedangkan Palembang Ulu terdapat stasiun kereta api, area Pertamina Plaju dan pengembangan GOR Jaka Baring termpat berlangsungnya PON XVI 2004.

Top Sightseeing di Palembang

Landmark Palembang

Jembatan Ampera

Benteng Kuto Besak (BKB)

Masjid Agung Palembang

Kawasan GOR Jaka Baring

Wisata Alam di Palembang

Pulau Kemarau

Sungai Musi

Posting yang berhubungan dengan landmark & wisata alam di Palembang :

Transportasi menuju Palembang

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Palembang dapat ditempuh selama 10 – 12 jam perjalanan darat dari Lampung dengan melintasi jalan lintas timur Sumatera, melalui kota-kota Bandar Agung, Tulang Bawang, Mesuji, Tugu Mulyo, Kayu Agung, Tanjung Raja, Inseralaya & Palembang.

Menggunakan Kereta Api

Untuk menuju Palembang juga dapat menggunakan moda angkutan kereta api. Stasiun Kertapati adalah stasiun didalam kota Palembang, kereta dari Lampung akan berhenti  di stasiun Kertapati Palembang.

Menggunakan Shuttle

Provider yang menyediakan kendaraan point to point menuju Palembang banyak tujuannya, mulai dari lampung – Palembang, Jakarta – Palembang, Jambi – Palembang, Muara Enim – Palembang, Lahat – Palembang.

Moda angkutan shuttle point to point untuk lokasi point di Palembang, banyak yang terdapat di daerah jalan Veteran dan jala Kol Atmo.

Menggunakan Pesawat

Palembang dapat ditempuh selama 45 menit – 1 jam dari Jakarta via pesawat udara. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 adalah bandara internasional yang terdapat di kota Palembang. Dari pusat kota Palembang, bandara Sultan Mahmud Badarudin 2 berjarak 10 km. Dari Bandara dapat menggunakan taxi resmi bandara dengan harga bervariasi mulai dari 50rb – 100rb berdasarkan jarak  tempuh. Untuk angkutan Bis Pemda ke pusat kota Palembang juga beroperasi tiap jam.

Operator Penerbangan yang melayani Palembang adalah : Garuda Indonesia, Lion Airlines, Batavia Airlines, Merpati Nusantara Airlines dan Sriwijaya Airlines.

Transportasi keliling Palembang

Perjalanan untuk didalam kota Palembang cukup rumit dan tidak informatif bagi pendatang Palembang. Memang ada Trans Musi, mirip seperti bus way Jakarta, yang berhenti di halte-halte mengitari kota Palembang. Walau cukup nyaman dengan berhenti di halte dan didalam bus dilengkapi AC, tetapi jumlah busnya masih sedikit sehingga waktu tunggu menjadi lebih lama.

Angkutan Kota Palembang terdiri atas Angkot (Angkutan Kota) Palembang yang ditandai dengan warna masing-masing angkutan, seperti warna Merah itu jalur Pasar 16 – KM 5, warna Kuning itu jalur Pasar 16 – Sekip dll.

Penggunaan taxi untuk keliling kota juga dimungkinkan, tetapi perlu untuk menanyakan apakah menggunakan argo taxi atau tawar harga diawal perjalanan.

Hotel di Palembang

Hotel-hotel yang direkomendasikan di Palembang adalah :

Hotel Novotel Palembang, berlokasi di jalan Basuki Rahmad, bersebelahan dengan mall PTC, sehingga untuk mencari makanan dan keperluan lain sangat mudah. Dengan landscape yang  yang luas dan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang besar, fitness center, spa, taman yang luas, dan fasilitas internet, menjadikan hotel Novotel Palembang sangat baik untuk liburan.

Hotel Aston Palembang, berlokasi di jalan Basuki Rahmad, dengan dilengkapi fasilitas  kolam renang, fitness center, spa,business centre, pijat dan fasilitas internet. Lokasi hotel ini cukup strategis utk urusan bisnis, sehingga memudahkan bertemu dengan relasi kerja.

Hotel Aryaduta Palembang, berlokasi di jalan POM (Palembang Square), sehingga untuk mencari makanan dan keperluan lain sangat mudah. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, fitness center, spa,jacuzzi, sauna, business centre, pijat dan fasilitas internet, menjadikan hotel Aston Palembang yang sangat strategis dan value of money untuk liburan.

Rekomendasi lain untuk hotel di Palembang :

Kuliner di Palembang

Kota Palembang cukup variatif untuk penikmat Kuliner, terutama untuk kuliner Pempek.  Posting kuliner pempek dapat di baca disini :

Rekomendasi Pempek di Palembang

Rekomendasi Pempek di Medan

Ada juga kuliner khas Palembang lainnya seperti : Martabak HAR yang menyediakan  martabak isi telur dengan kuah kare, masakan pindang Patin, Mie celor dll.

Bahasa di Palembang

Bahasa pergaulan di Palembang adalah bahasa Palembang dan bahasa Indonesia. Percakapan menggunakan bahasa Palembang yang lazim diucapkan adalah :

Berapa harganya?, bahasa Palembangnya “Berapo hargonyo?”

Enak benar pempek ini, bahasa Palembangnya “Lemak nian pempek ini”.

Komunikasi di Palembang

Untuk komunikasi telpon dan internet, jika anda memiliki handphone GSM bisa mengganti kartu SIM GSM dengan kartu SIM prabayar yang menawarkan paket lengkap yang didalamnya ada promo untuk call dan internet seperti kartu Simpati, kartu AS. Kalau menggunakan SIM CDMA, bisa mengganti dengan kartu prabayar Flexi. Pastikan anda menggunakan kartu prabayar tersebut karena secara kualitas dan jaringan lebih baik dibanding yang lain.

Untuk kebutuhan internet temporary, hampir disetiap sudut kota terdapat outlet Warnet (Warung Internet) dengan variasi mulai harga Rp. 3000 – Rp. 10000 / jam. Kafe-kafe dan lobby-lobby hotel di Palembang biasanya menyediakan akses hotspot wifi gratis yang dibundle dengan harga makanan.

4 thoughts on “Palembang

    • Bdg – Plg bisa menggunakan :
      1. Bis langsung Bdg – Plg (HIBA, Lorena dll)
      2. Estafet Bis Bdg – Merak, menyebrang Merak – Bakauheni naik kapal ferry, lanjut Bis atau kereta api Bakauheni – Bandar Lampung – Palembang
      3. Pesawat mungkin juga ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s