Sharing Tips Jalan-Jalan ke Jepang


Temans, sekedar share Tips buat yang akan travelling ke Jepang berdasarkan pengalaman pribadi ^_^  semoga bermanfaat ya!

Tips :

1. Sebaiknya jangan sampai kekurangan uang yen terutama pada hari Sabtu-Minggu, karena Money Changer tidak mudah ditemukan di Jepang (atau memang tidak ada ya) kalau mau tukar uang kita harus pergi ke Bank.

2. Harga Standard bis ke 1 tujuan 220yen (+/ Rp.22ribu), utk menghemat sebaiknya ditentukan rute tujuan, biar gak bolak balik, untuk harga kereta (jika tidak ambil paket) utk 1 tujuan +/ 160yen+140yen (+/30ribu) (perbedaannya kalo naik kereta lebih cepat, kalo naik bis bisa sambil lihat2 pemandangan kota)

3. Jangan khawatir jika anda travelling sendirian, karena di jepang relatif aman (april 2012 yg lalu, sehabis tukar yen di Bank, dompet saya tertinggal di tempat tunggu bank, saat sadar sudah hampir 1 jam, pas kembali ke Bank-nya, ternyata dompet saya ditemukan oleh satpamnya dan disimpan di dalam kantor bank-nya) selain itu orang2 jepang disana sangat helpful, tapi gak semua mereka bisa berbahasa english, sebaiknya jika ingin bertanya, coba tanyakan ke anak2 muda (P/W usia remaja s.d 40tahunan) dg alasan ; selain mereka bisa speak english,  mereka punya line internet di hpnya, mereka bisa bantu cari lokasi by googling, etc (dijamin, biasanya mereka dengan senang hati membantu foreigner)

4. Untuk biaya makan spt makanan umum (noodle/paket spt hokben) +/Rp.50-70ribu, kalau mau hemat, bisa belanja di supermarket…Mereka jual makanan jadi, bisa minta dipanaskan (harganya +/Rp.30-40ribu)

5. Khusus di Jepang, jaga kesehatan baik2 terutama kesehatan kaki berhubung transportasi mahal, kemana mana dilanjutkan dengan berjalan kaki (siap2 aja dalam 1 hari, harus kuat jalan total +/ 8-15km)….jangan lupa cek cuaca saat ingin berkunjung agar perlengkapan pakaian disiapkan benar2, karena kalo sampai salah bawa perlengkapan, mo beli disana maahaal…buat yg senang belanja or mo beli oleh2 bisa datang ke toko2 yang ada tulisan all is 100yen/300yen/500yen….bisa ditemukan di dalam stasiun kereta.

6. Map transportasi di Jepang, beda dg Singapore & Hongkong, lebih rumit, karena lebih banyak jenis2 trainnya…solusi singkat sih…sebaiknya banyak bertanya agak tak sesat dijalan (toh yg ditanya orangnya kan beda2 ini) begitupun saat beli tiket distation karena mesinnya itu berbahasa jepang, daripada salah pencet, koin kebuang (inget 1 rute +/25-40ribu) lebih baik minta tolong kepada orang lokal yg sama2 ngantri, uangnya kita berikan ke mereka, untuk bantuk orderin di mesinnya, dijamin mereka sangat welcome!  Hal ini bisa membantu menghemat waktu & tenaga, khususnya kalo tanya jalan atau mau menuju kereta yang kita ambil distasiun, trutama di Tokyo Station, gueedeenya minta ampunn..kalo salah jalan,trus harus balik lagi kaki udah pengkor duluaan…

7. Tahu dirilah bahwa kita ini Foreigner, Apalagi di Jepang yg bahasa & tulisannya kita gak mengerti, kita sangat membutuhkan bantuan orang lokal, jagalah sopan santun dan- tindakan kita dimanapun kita berada, usahakan selalu ramah dengan menebar senyum..kalo minta tolong boleh banget pasang wajah penuh belas kasihan, dan jangan lupa ucapkan kata wajib “Terimakasih” yoo! (Hasil yg saya dapet : 1. pernah nyasar mo balik ketempat penginapan +/ jam 11 malam, dibantu anak muda, pakai gps di hpnya, diantar persis sampai ketempat, 2. ketemu orang lokal di toko, sambil beramah tamah sesaat (padahal gak connect banget, dia gak bisa speak english, saya gak bisa speak japanese) setelah itu saat mo balik ke stasiun dia menawarkan mengantar  kirain jalan kaki bareng2, ternyata pakai mobil odissey-nya…lumayan banget ngerasain naik mobil di jepang, padahal naik taxi aja gak kepikiran deey!

8. Berhubung saya bukan BB user, dan saya memakai XL dan Im3, ternyata tidak nyala di Jepang, karna di jepang tidak dijual kartu GSM untuk turis beda dengan di Malaysia yg begitu mudahnya kita beli no.lokal, akhirnya saya rental no.telfon GSM di airport selama 7 hari (tidak digunakan utk menelpon, hanya utk sms dan menerima telfon dari Jakarta, +/3-4x sms/day, trima telfon 1x/day) waktu saat register, itungan sewa +/40ribu/day, saya perkirakan total semua +/700rb-1juta u/ 1 minggu, tapi ternyata sampai di Jakarta tagihan card saya +/200usd, hikss..(saran sebaiknya bawa laptop dan gunakan wifi, sayangnya labtop saya trouble saat itu)

9.  Tips yang terakhir dan yang Terutama adalah : Berdoa! Manusia hanya berkehendak, tetapi Tuhanlah yang Memutuskan ^_^.

Source : milis indobackpacker

About these ads

One thought on “Sharing Tips Jalan-Jalan ke Jepang

  1. Hallo..
    Mau tanya dikit, nih.. cara transfer kereta di Jepang gmn, ya?
    Kebetulan aku liat jadwal di hyperdia, helpfull banget.. tp agak gak paham soal transfernya.. hehe..
    misal dr A mau ke tujuan C, di hyperdia ditunjukin musti naik kereta ke B dlu, abis itu transfer kereta ke C. tp cuma 1 harga yg berarti 1 tiket doang..
    berarti abis turun dr kereta di B tinggal cr platform kereta ke C dan tinggal naik doang, gitu bukan, ya? hehe.. maklum, blm pernah transfer2 kereta, apalg di luar negeri..
    thanks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s