Visa Negara-Negara Schengen


Ada yang berminat mau jalan-jalan ke negara Eropa ngak dalam waktu dekat ini? Kalau mau jalan-jalan ke Eropa dari Indonesia, tentu kita kudu mengurus VISA untuk ijin masuk ke negara tersebut.

Sejak tahun 1985, ada 7 (tujuh) negara Eropa yang mengadakan kesepakatan untuk melakukan perjanjian mengenai batas kontrol teritory antar negara untuk pendatang/turis. Sebelum EU (Europe Union) bersatu dan membentuk negara Uni Eropa, kelompak yang tergabung dalam EU belum sebanyak sekarang.

Tetapi sekarang, negara-negara yang mengikatkan diri dalam perjanjian Schengen tersebut menjadi berjumlah 15 negara. Sehingga kalau kita mau melakukan perjalanan ke Eropa, cukup kita mengurus satu VISA saja, kemudian kita bisa lintas batas ke negara Eropa lain yang terikat perjanjian Schengen tsb tanpa harus memiliki VISA negara itu.

Jadi kalau mau traveling ke Eropa tetapi hanya jalan pada suatu negara saja, rasanya rugi deh …kenapa tidak diteruskan untuk melancong ke negara tetangganya. Intinya kalau kita pergi ke negara-negara Eropa, cukup melamar VISA di negara yang mau didatangi pertama kali (first entry) atau negara yang akan paling lama di tinggali (destinasi utama). Maka sekali dapat satu entri VISA negara Eropa maka kita dapat masuk multi entri ke 15 negara lainnya.

15 negara yang tergabung dalam negara Schengen yaitu: Austria, Belgium, Denmark, Finland, France, Germany, Iceland, Italy, Greece, Luxembourg, Netherlands, Norway, Portugal, Spain and Sweden. Schengen Agreement berbeda konsep dengan Europe Union (Masyarakat Eropa). Jadi belum tentu semua anggota Eropa menganut Schengen. Misalnya : UK & Ireland, walau anggota EU tapi ngga ikutan Schengen. Sebaliknya Norway dan Iceland bukan anggota EU tapi masuk dalam perjanjian Schengen.

Kalau sudah mengurus VISA Schengen dan melakukan jalan-jalan ke Eropa, jangan lupa ya bawa oleh-olehnya ……ehm……ehm….

About these ads

One thought on “Visa Negara-Negara Schengen

  1. ada tambahan sembilan negara lagi loh sekarang, jadi totalnya ada 24 negara yg tergabung dlm wilayah Schengen. Kesembilan negara itu adalah Republik Ceko, Estonia, Slovakia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, dan Slovenia. Sedangkan, 15 negara yang sudah lebih dulu masuk Schengen adalah Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Islandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Spanyol dan Swedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s